• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 25 April 2024

Parlemen

Mulai dari Dunia Pendidikan, Nilai Pancasila Hendaknya Ditanam Sedini Mungkin

Mulai dari Dunia Pendidikan, Nilai Pancasila Hendaknya Ditanam Sedini Mungkin
Lambang Pancasila. (Foto: NOJ/voi)
Lambang Pancasila. (Foto: NOJ/voi)

Surabaya, NU Online Jatim

Wakil Ketua DPRD Jawa Timur, Anik Maslachah peringati Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap 1 Juni sebagai refleksi dan penguatan karakter Pancasila. Penguatan karakter Pancasila ini, Anik katakan hendaknya dimulai sedini mungkin. Diawali dari pendidikan yang paling rendah sudah dilakukan penanaman dari kelima nilai-nilai yang telah dibangun oleh pendiri bangsa. 

 

Ia yakin, jika penanaman dilakukan sejak dini, nilai tersebut akan tumbuh kuat, menjadi bayang-bayang filosofis dalam setiap tindakan yang diputuskannya. Sehingga tidak akan melenceng dari rel ideologi tersebut.

 

"Penanaman nilai Pancasila ini harus dimulai dari dunia pendidikan terlebih dahulu. Maka dari itu, pendidikan menjadi tolak ukur mencetak kader bangsa yang berjiwa Pancasila," kata Anik Maslachah di ruangannya, Selasa (01/06/2021).

 

Penting dilakukan, sebab menurutnya, kerentanan para siswa terhadap ancaman perilaku radikalis sangat tinggi ketimbang orang yang berusia dewasa. Hal itu sangat berbahaya, karena dapat merusak orientasi cita-cita luhur bangsa ini. 

 

"Ajaran agama apapun melarang tindakan radikalis. Tindakan radikal tentu akan menimbulkan perpecahan, adu domba, persatuan akan hilang," tegasnya. 

 

Sekertaris Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jatim ini menegaskan, nilai Pancasila sudah selayaknya tidak perlu diperdebatkan lagi. Karena, nilai yang terkandung didalamnya bersifat final. Artinya, ke depan fokus terhadap pengimplementasian nilainya bukan untuk mengubahnya. 

 

"Peringatan hari lahir Pancasila itu yang perlu dimaknai adalah bagaimana Pancasila ini benar-benar menjadi jiwa bangsa, tidak hanya sekedar simbol. Bagaimana lima sila itu kita praktikkan dalam kehidupan sehari-hari sehingga akan menjadi karakteristik bangsa indonesia," tegas Anik.

 

Editor: Risma Savhira


Parlemen Terbaru