Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Muslimat NU Bangkalan Santuni Ratusan Yatim dan Warga Terdampak Covid-19

Muslimat NU Bangkalan Santuni Ratusan Yatim dan Warga Terdampak Covid-19
Pengurs PC Muslimat NU Bangkalan bersama penerima santunan. (Foto: NOJ/ Sa'dullah).
Pengurs PC Muslimat NU Bangkalan bersama penerima santunan. (Foto: NOJ/ Sa'dullah).

Bangkalan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Bangkalan menyalurkan santuan kepada anak yatim dan dluafa, kamis (26/08/2021). Santunan tersebut diberikan kepada 180 anak yatim dan 15 dluafa terdampak pandemi Covid-19.

 

Kegiatan yang bertempat di Aula Pondok Pesantren (Ponpes) Syaikhona Moh Kholil Bangkalan itu diselenggarakan dalam rangka Hari Sosial Muslimat NU. Kegiatan ini rutin diadakan setiap tahun oleh PC Muslimat NU Bangkalan.

 

Wakil Ketua PC Muslimat NU Bangkalan, Nyai Luluk  Latifa menyampaikan, Hari Sosial Muslimat NU dikemas dalam bentuk santunan anak yatim sebagai bentuk tanggung jawab atas generasi yang akan datang.

 

“Ada yang namanya Hari Sosial Muslimat setiap tanggal 10 Muharram. Namanya hari sosial, ya kita berbagi. Baik kepada yatim maupun dluafa. Dan memang dua itu yang sering kita bagi. Sehingga kita tahu, sejauh mana PC Muslimat NU Bangkalan punya rasa tanggung jawab terhadap generasi yang akan datang,” tutur Nyai Luluk.

 

Lebih lanjut, Sekretaris PC Muslimat NU Bangkalan, Hj Zainab menjelaskan, 180 anak yatim yang diberikan santunan berasal dari Nahdliyin di berbagai kecamatan se-kabupaten yang dikoordinir oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Muslimat NU Bangkalan. 

 

“Seratus orang itu berasal dari 18 kecamatan yang di dalamnya 20 PAC Muslimat NU. Setiap PAC kita ambil 5 anak yatim, sehingga menjadi 100, kemudian yang 80 kita ambil dari lingkungan Kota Bangkalan yang biasa mengikuti kegiatan Muslimat,” ungkapnya.

 

Santunan yang salah satunya berupa paket sembako itu diberikan langsung oleh Ketua Muslimat NU Bangkalan, Nyai Hj Mutmainnah Aschal. Tidak semua penerima menghadiri, hanya penerima di wilayah Kota Bangkalan saja yang menerima santunan secara langsung.

 

 

Selebihnya diwakilkan oleh Ketua PAC Muslimat NU di masing-masing kecamatan. Sebab, saat ini masih dalam masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

 

Penulis: Sa’dullah 

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim