• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Kediri Raya

MWCNU-KUA Semen Kediri Kolaborasi Gelar Pelatihan Arah Kiblat

MWCNU-KUA Semen Kediri Kolaborasi Gelar Pelatihan Arah Kiblat
Pelatihan penentuan arah kiblat oleh MWCNU dan KUA Semen, Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/A Muwaffaq)
Pelatihan penentuan arah kiblat oleh MWCNU dan KUA Semen, Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/A Muwaffaq)

Kediri, NU Online Jatim

Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Semen, Kabupaten Kediri, melakukan kerja sama dengan Kantor Urusan Agama KUA setempatr dalam agenda pelatihan penentuan arah kiblat di Aula NU setempat pada Selasa, (21/09/2021).

 

Abdul Mannan selaku penyuluh agama Islam KUA Semen menjabarkan, kegiatan tersebut diikuti oleh 20 orang. Sebanyak 12 orang dari delegasi setiap desa anggota MWCNU, sedangkan delapan orang lainya perwakilan penyuluh KUA.

 

Adapun narasumber kegiatan tersebut ialah Agus Salim, penyuluh KUA Semen. Mannan menuturkan, pelatihan tersebut diadakan dengan pengawasan protokol kesehatan yang ketat, baik sebelum peserta memasuki acara maupun di dalam ruangan.

 

"Peserta harus cuci tangan, pakai masker dan menjaga jarak," katanya.

 

Arif Efendi selaku Ketua MWC NU Kecamatan Semen mengucapkan terima kasih dan berharap ke depan kerja sama yang sangat bermanfaat seperti ini bisa dilaksanakan dalam bentuk pelatihan-pelatihan yang lain.

 

M.Rizal Zakaria selaku Kepala KUA Semen menyampaikan jika pelatihan ini diharapkan dapat membentuk kader muslim yang secara mandiri dapat mengukur arah kiblat rumah ibadah di wilayahnya masing-masing.

 

"Hasil dari pelatihan ini akan menghasilkan kader pengukur arah kiblat di setiap desa di wilayah Kecamatan Semen, sehingga masjid, mushala, dan makam sudah disertifikasi arah kiblatnya," ujarnya.

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru