Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Nabi Muhammad adalah Teladan dalam Seluruh Aspek Kehidupan

Nabi Muhammad adalah Teladan dalam Seluruh Aspek Kehidupan
Gus Hilmy bersama undangan saat peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Probolinggo. (Foto: NOJ/Istimewa)
Gus Hilmy bersama undangan saat peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di Probolinggo. (Foto: NOJ/Istimewa)

Probolinggo, NU Online Jatim

Kelahiran Nabi Muhammad SAW yang diperingati pada bulan ini hendaknya tidak berhenti pada seremonial. Yang justru lebih penting adalah menjadikannya sebagai teladan dalam kehidupan.

 

Penegasan tersebut disampaikan H Ahmad Hilmy pada peringatan Maulid Nabi Muhammad di Kecamatan Gending, Kabupaten Probolinggo, Senin (2/11/2020).

 

“Kita sebagai umat Islam tidak ada panutan lain kecuali Nabi Muhammad SAW,” kata anggota DPRD Jawa Timur tersebut di hadapan undangan. Mereka antara lain Pemuda Pancasila. Barak Bangsa, Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) persatuan madrasah diniyah, Ansor se-Kota Probolinggo dan Kabupaten Probolinggo.

 

Disampaikan anggota Komisi C tersebut bahwa berkah Nabi Muhammad akhirnya manusia bisa merasakan zaman terang benderang layaknya saat ini. Karenanya, tidak berlebihan bahkan selayaknya umatnya yang nantinya berharap syafaat di yaumil akhir.

 

“Maka harus mencontoh pola hidup dan menjadikan Nabi Muhammad SAW sebagai teladan,” jelas alumnus Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya tersebut.

 

Lebih lanjut disampaikan bahwa melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini, semua kalangan hendaknya meneladani Rasulullah dan juga menjaga hubungan baik dan persatuan dengan siapa pun. Dan hal tersebut dapat dilakukan dengan meningkatkan imam dan takwa sebagai perwujudan dari cinta Nabi.

 

“Mari kita tingkatkan iman dan takwa kita kepada Allah SWT, dengan meneladani kehidupan Nabi Muhammad SAW,” ajaknya.

 

Gus Hilmy, sapaan akrabnya mengajak jamaah yang hadir untuk konsisten dalam mensyiarkan agama Islam sesuai dengan al-Qur’an dan hadis. Meski disadari banyak perbedaan dalam mengamalkan ajaran agama, namun tidak mempersoalkan selagi tidak bertentangan dengan syariat.

 

Di ujung penjelasannya, Gus Hilmy mengingatkan, Nabi Muhammad diutus membawa rahmat bagi seluruh alam. Sehingga semua makhluk harus meneladani segala aspek dari kehidupan Rasulullah.

 

“Nabi Muhammad SAW merupakan teladan bagi seluruh umat. Maka melalui peringatan maulid ini, hendaknya kita bisa menjadikan beliau sebagai panutan di tengah kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dan terlebih dalam kehidupan beragama ini,” pungkasnya.

Iklan PWNU Jatim