• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Malang Raya

Nahdliyin, Simak Imbauan PPKM Darurat di Malang

Nahdliyin, Simak Imbauan PPKM Darurat di Malang
Pengecekan di posko penyekatan exit tol Singosari, Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)
Pengecekan di posko penyekatan exit tol Singosari, Malang. (Foto: NOJ/Moch Miftachur Rizki)

Malang, NU Online Jatim

Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat sudah memasuki hari ke 6. Di Malang, sejumlah kendaraan yang tidak membawa surat vaksin dan rapid antigen atau swab PCR maka tidak diperbolehkan memasuki wilayah Malang atau harus putar balik.

 

Bupati Malang, H Muhammad Sanusi mengatakan jika Forum Komunikasi Daerah (Forkopimda) Kabupaten Malang tidak main-main dalam penindakan pelanggaran PPKM Darurat di Malang.

 

“Kami sangat bersungguh-sungguh dalam PPKM Darurat ini. Terhitung sejak sejak hari pertama pelaksanaan PPKM Darurat di Kabupaten Malang pada 03 Juli 2021 lalu, setidaknya sudah terdapat lima orang yang terdeteksi positif Covid-19. Hal itu diketahui setelah dilakukan swab PCR/rapid antigen di posko-posko penyekatan dan mereka sudah kami kembalikan ke tempat asalnya masing-masing,” katanya saat melakukan sidak bersama Forkopimda Kabupaten Malang di Exit Tol Singosari pada Kamis (08/07/2021).

 

Abah Sanusi sapaan akrabnya berharap semoga tidak ada pasien positif yang memasuki area Malang. “Kita berharap semoga orang yang memasuki Malang tidak ada lagi yang positif demi kebaikan bersama,” imbuh alumni Pondok Pesantren Raudlatul Ulum 1 Ganjaran Gondanglegi tersebut.

 

Sedangkan Kapolres Malang, AKBP Raden Bagoes Wibisono Koesoemah mengatakan bahwa hanya sektor esensial saja yang berhak masuk Malang tanpa syarat.

 

“Seluruh pengendara yang tidak membawa persuratan sesuai prosedur maka akan kami putar balikkan. Akan tetapi, khusus untuk kendaraan pengangkut sembako atau industri yang esensial kami persilahkan melanjutkan perjalan tanpa adanya persyaratan sesuai keputusan Inmendagri,” tegasnya.

 

Sementara itu, Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Malang dr Umar Usman mengatakan bahwa nahdliyin Malang harus mentaati aturan PPKM Darurat.

 

“NU adalah salah satu ormas terbesar yang sudah seharusnya memberikan contoh akan sikap taat kepada ulil amri terkait aturan PPKM Darurat ini. Untuk sektor non-esensial kami harapkan untuk istirahat terlebih dahulu untuk kebaikan bersama,” harapnya.

 

Editor: Risma Savhira


Malang Raya Terbaru