Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Ngaji At-Tibyan, Cara Muslimat NU Pamekasan Kenang Hadratussyaikh

Ngaji At-Tibyan, Cara Muslimat NU Pamekasan Kenang Hadratussyaikh
Kitab At-Tibyah karya Hadratussyaikh dikaji PC Muslimat NU Pamekasan. (Foto: NOJ/Syarofi)
Kitab At-Tibyah karya Hadratussyaikh dikaji PC Muslimat NU Pamekasan. (Foto: NOJ/Syarofi)

Pamekasan, NU Online Jatim

Pada 7 Ramadhan 1366 H,  KH Hasyim Asy’ari wafat.  Dan di sejumlah daerah dilakukan penghormatan dengan menerbitkan ucapan maupun permintaan doa bagi meninggalnya Hadratussyaikh tersebut.

 

Dan cara berbeda dilakukan Pimpinan Cabang (PC) Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Pamekasan. Yakni dengan menggelar kajian kitab At-Tibyan, karangan dari pendiri NU tersebut. Acara dipusatkan di aula Muslimat NU setempat, jalan R Abd Aziz no. 95, Senin (17/04/2021).

Kajian kitab yang diisi Ny Hj Nur Faizah selaku Ketua Hidmat MNU atau Himpunan Daiyah dan Mejelis Ta'lim Muslimat NU itu diikuti Pimpinan Ranting (PR), Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan PC Muslimat NU se-Kab Pamekasan.

“Kitab ini mengajak kepada Muslimat NU selalu menjaga silaturahim dan melakukan amar makruf nahi mungkar,” katanya di hadapan jamaah yang hadir..

Sedangkan Ketua PC Muslimat NU Pamekasan, Ny Mafrudah mengatakan bahwa kajian kitab kali ini sengaja mengambil kitab At-tibyan dengan harapan mengenang wafatnya Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari.

"Kitab At-Tibyan ini tiada lain ngamri barakah dan mengenang Hadratussyaikh KH Hasyim Asy'ari yang wafatnya 7 Ramadlan pada pukul 03.00 WIB," katanya.

Lebih lanjut, Nyai Maf, sapaan kesehariannya berharap, melalui kajian kitab ini semua anggota dan pengurus Muslimat NU menjadi generasi yang dirindukan surga.

Tidak hanya kajian kitab, Muslimat NU setempat juga telah menyiapkan beberapa program Ramadlan. Di antaranya khatmil Quran, shalawat nariyah, bagi-bagi takjil dan baju layak pakai, warung gratis, pembagian zakat, infaq san sedekah, serta buka bersama yang digelar setiap pekan.

"Kegitan Ramadlan merupakan program rutinitas tahunan PC Muslimat NU Pamekasan yang dilaksanakan tiap pekan, Program ini sinergitas dari semua bidang dan perangkat," kata keluarga besar Pesantren Al-Falah, Tlanakan tersebut.

PC Muslimat NU Pamekasan sendiri telah memberlakukan piket di setiap program Gebyar Ramadlan tahun ini.

"Petugas piket di antaranya bidang Koperasi KKS An-Nisa Pamekasan, dan alhamdulillah cukup semarak dengan penyiapan 45 doorprize untuk peserta," imbuhnya.

Yang juga dilakukan adalah petugas Bidang Organisasi dan Dakwah Hidmat MNU, serta Bidang Pendidikan IGTKM dan YPM NU, dan ke-empat Sosial YKM NU. 

 

Editor: Syaifullah

PWNU Jatim