Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Nikmatnya Ayam Panggang Bumbu Jawa Khas Sidoarjo untuk Buka Puasa

Nikmatnya Ayam Panggang Bumbu Jawa Khas Sidoarjo untuk Buka Puasa
Ayam Panggang Ciro Bumbu Jawa Bu Jefri di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo.(Foto: NOJ/LYR)
Ayam Panggang Ciro Bumbu Jawa Bu Jefri di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo.(Foto: NOJ/LYR)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Menjelang waktu berbuka puasa tiba, banyak kawasan kuliner di Kabupaten Sidoarjo dipadati warga. Salah satu lokasi berburu menu buka puasa berada di Desa Jumputrejo, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Sidoarjo.

 

Warung Ayam Panggang Ciro Bumbu Jawa Bu Jefri cocok untuk dijadikan sebagai tempat destinasi berbuka puasa. Warung yang berlokasi di Dusun Beciro, Desa Jumputrejo ini menyajikan ayam kampung menjadi olahan yang sedap dan nikmat.

 

Tekstur daging ayam kampung yang alot sering menjadi kesulitan dalam pengolahannya. Namun di Warung Ayam Panggang Ciro Bumbu Jawa Bu Jefri ini bisa membuat daging ayam kampung yang dibalut bumbu jawa tersebut menjadi empuk dan cocok di lidah.

 

Warung ayam panggang ini telah berdiri sejak tahun 2010, dan sudah lima tahun ini usaha tersebut dilanjutkan oleh anak pemiliknya.

 

“Bumbu yang kami gunakan asli dan tidak pakai di gongso (orak-arik di wajan), jadi bumbunya habis di blender langsung dipanggang bersama ayamnya di atas panggangan arang sampai matang, dan rasanya lebih alami,” ungkap Nishfu Laili, pemilik warung.

 

Nishfu Laili mengatakan, pelanggan warungnya tidak hanya berasal dari Kabupaten Sidoarjo saja, melainkan juga ada yang dari Batam, Kalimantan, Bali, dan Jakarta.

 

Menurutnya, selama bulan Ramadlan ini terjadi peningkatan omset dibanding dengan hari biasa. “Selama 10 hari pertama bulan Ramadlan ini kami menghabiskan rata-rata 30 ekor ayam per hari. Sebelum Pandemi Covid-19 banyak pelanggan yang makan di tempat saat buka puasa, tapi sekarang banyak yang dibungkus dan dibawa pulang,” kata warga nahdliyin tersebut kepada NU Online Jatim, Rabu (21/04/2021).

 

Nishfu Laili berharap usahanya semakin maju dan membuka warung cabang di tempat lain. Untuk menikmati sajian ayam panggang utuh Bu Jefri setidaknya menyiapkan kocek Rp 70 ribu hingga Rp 90 ribu tergantung ukuran ayamnya.

 

 

Terdapat juga yang potongan untuk porsi yang lebih kecil dengan menu paket nasi, ayam, urap-urap, dan minum seharga Rp 20 ribu per porsi. Selain itu, Warung Ayam Panggang Ciro Bumbu Jawa Bu Jefri  juga melayani pesanan nasi tumpeng mulai harga 275 ribu hingga 350 ribu.

 

Editor : Romza

Bank Jatim (31/7)