• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

NU Banyuwangi Dipercaya Kelola Bumi Perkemahan

NU Banyuwangi Dipercaya Kelola Bumi Perkemahan
PCNU Banyuwangi mendapat kepercayaan mengelola bumi perkemahan. (Foto: NOJ/Vina YS)
PCNU Banyuwangi mendapat kepercayaan mengelola bumi perkemahan. (Foto: NOJ/Vina YS)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Banyuwangi yang letaknya di ujung timur pulau Jawa dengan keindahan alamnya banyak dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Potensi alam yang tersedia tidak hanya bisa dinikmati dari sisi keindahan, namun juga bisa digunakan untuk kemaslahatan umat.

 

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Banyuwangi menjalin kerja sama dengan perhutani KPH Banyuwangi Barat.

 

“Kerja sama PCNU dengan Perhutani KPH Banyuwangi Barat untuk mengelola bumi perkemahan NU yang diberi nama bumi perkemahan Nawa Lintang,” kata KH Ali Makki Zaini, Ahad (22/02/2021).

 

Menurut Ketua PCNU Banyuwangi tersebut, nantinya pengelolaan kawasan setempat dipercayakan kepada Lembaga Pendidikan Ma’arif NU. “Nantinya pengelola pramuka satuan komando atau Sakoma akan dilakukan di sana,” terang Gus Makki, sapaan akrabnya.

 

Acara penandatangan kerja sama PCNU dengan Perhutani dilaksanakan di Desa Sumberwangi, Sempu Kabupaten Banyuwangi.  Dan dipilihnya tempat tersebut menjadi bumi perkemahan karena kondisi alam masih asri dan udaranya segar.

 

Selain penandatangani kerja sama, acara tersebut dimeriahkan dengan reboisasi bersama siswa-siswa naungan LP Ma’arif NU dan undangan. Masyarakat sekitar juga sangat mengapresiasi dan membantu serta terlibat dengan NU dan Perhutani untuk mensukseskan kerja sama bumi perkemahan ini.

 

Ke depannya bumi perkemahan Nawa Lintang tidak hanya digunakan sebagai tempat perkemahan seluruh sekolah di bawah naungan LP Ma’arif NU di Banyuwangi.

“Tetapi juga digunakan sebagai tempat pengkaderan seluruh banom NU yang kegiatannya berkaitan dengan seperti Diklatsar Banser, latihan Pagar Nusa dan sebagainya,” katanya.

 

Dikemukakan Gus Makki bahwa semua kegiatan NU yang berkaitan dengan alam akan berpusat di lokasi ini. Dengan demikian, diharapkan keberadaan lokasi mampu menjadi kerja sama yang baik antara Nahdliyin, warga sekitar dan Pemerintah Banyuwangi.

 

Di ujung keterangan, Gus Makki berharap lokasi akan menjadi tempat khusus yaitu sebagai kawah candradimuka pengkaderan NU.

 

“Selain itu, adanya kerja sama dengan Perhutani ini membantu pemerintah untuk menjaga melestarikan hutan. Serta membantu warga sekitar dalam segala aspek yang saling menguntungkan,” pungkasnya.

 

Penulis: Vina Yunda Safitri

Editor: Syaifullah

 


Editor:

Tapal Kuda Terbaru