Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

NU Bluto Sumenep Peringati Kemerdekaan dengan Salurkan Sembako

NU Bluto Sumenep Peringati Kemerdekaan dengan Salurkan Sembako
Muhammad Iksan (berjas) menyerahkan bantuan kepada Kiai Mosa, Ketua MWCNU Bluto, Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)
Muhammad Iksan (berjas) menyerahkan bantuan kepada Kiai Mosa, Ketua MWCNU Bluto, Sumenep. (Foto: NOJ/Firdausi)

Sumenep, NU Online Jatim

Banyak cara yang dilakukan oleh Nahdliyin untuk memeriahkan dan memaknai kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia. Memaknai kemerdekaan tidak hanya pada kehidupan serimonial yakni upacara dan pengibaran bendera merah putih. Untuk merefleksikan gawe tahunan ini bisa diekspresikan dengan membantu masyarakat di tengah pandemi.

 

Hal ini dilakukan oleh Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumenep yang mempercayakan Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Bluto untuk menyalurkan bantuan. Yang diberikan adalah 50 paket sembilan bahan pokok atau Sembako untuk diberikan kepada para dluafa dan yatim, Senin (17/8).

 

Setelah mengikuti upacara 17 Agustus di Pendopo Kabupaten Sumenep, Muhammad Iksan langsung berangkat ke posko Lumbung Pangan Satuan Tugas (Satgas) Siaga Covid-19 MWCNU Bluto.

 

Menurut Iksan, bahwa lumbung pangan yang dikelola MWCNU Bluto memiliki rekam jejak yang bagus dan teruji dalam membantu warga terdampak. Kiprah selama ini dipantau dengan baik.

 

"Saya memasrahkan bantuan ini kepada MWCNU untuk ditasharrufkan kepada yang berhak," katanya.

 

Ketua MWCNU Bluto, Kiai Mosa senang terhadap bantuan tersebut. Karena selama pandemi belum berakhir, sangat diperlukan penguatan ketahanan pangan sehingga mampu meringankan beban dluafa.

 

Dirinya merefleksikan bahwa kegiatan mengingatkannya saat masa penjajahan. Karena saat itu beras dan tanah warga dirampas secara paksa oleh mereka.

 

"Semoga bantuan ini mampu menguatkan pangan warga di masa pandemi dan hubungan baik ini terus dirawat demi kesejahteraan umat,” harapnya.

 

Di kesempatan berbeda, Ustadz Mudhari Shihab bersyukur sebab bantuan ini akan memperkuat stok sembilan bahan pokok atau Sembako yang ada.

 

"Seluruh pangan yang ada di sini akan kami salurkan kepada mereka yang berhak dan bisa memunculkan senyum dluafa. Semoga amal dan sedekah donatur bisa dilipatgandakan oleh Allah SWT," pungkasnya.

Iklan promosi NU Online Jatim