Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

NU Jatim Apresiasi Pemda Fasilitasi Tes Antigen Santri Balik Pondok

NU Jatim Apresiasi Pemda Fasilitasi Tes Antigen Santri Balik Pondok
Ilustrasi santri. (Foto: Kompas.com)
Ilustrasi santri. (Foto: Kompas.com)

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengapresiasi pemerintah daerah (pemda) di kabupaten/kota memfasilitasi tes cepat antigen bagi santri yang akan balik ke pondok pesantren setelah libur lebaran. Sinergi itu menjadi tanda upaya bersama untuk mencegah penularan Covid-19.

 

“Kami berikan apresiasi yang tinggi kepada kepala daerah yang menggratiskan rapid test antigen kepada santri. Untuk daerah yang belum diharapkan kerja samanya," kata Katib Syuriyah PWNU Jatim KH Syafruddin Syarif dikutip dari suarajatim.id, Jumat (21/05/2021).

 

Memang, sejumlah pemerintah daerah di Jatim memfasilitasi tes cepat antigen bagi santri asal daerah tersebut yang akan balik ke pondok pesantren setelah libur lebaran. Seperti di Pemerintah Kota Probolinggo. Layanan itu didapatkan para santri di seluruh Pusat Kesehatan Masyarakat atau Puskesmas kota setempat setiap Senin hingga Kamis pukul 09.00-11.00 WIB dan Sabtu sampai Ahad pukul 08.00-10.00 WIB.

 

Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin mengatakan, layanan tes cepat antigen diberikan untuk memastikan santri dari Kota Probolinggo yang akan kembali ke pesantren aman dari Covid-19. Tes diberikan secara gratis.

 

"Cukup menunjukkan KK (Kartu Keluarga) dan kartu santri sebagai syaratnya. Ini berlaku untuk santri yang mondok di dalam kota maupun luar daerah Kota Probolinggo," kata Habib Hadi.

 

Hal sama dilakukan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi. Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan, layanan tes cepat Antigen sudah bisa diakses santri asal Bumi Blambangan sejak Kamis kemarin di sejumlah Puskesmas. Ia mengaku sudah menginstruksikan soal itu kepada para Kepala Puskesmas di Banyuwangi.

 

“Ini adalah bentuk pelayanan kepada santri sekaligus ikhtiar kita bersama untuk memastikan para santri dalam kondisi sehat di masa pandemi Covid-19 saat ini,” ujar Ipuk dikutip dari nusadaily.com

 

Editor: Nur Faishal

F1 Bank Jatim  Syariah 17/9