• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Malang Raya

NU Jatim Dukung Gelar Pahlawan Nasional untuk Syaikhona Kholil

NU Jatim Dukung Gelar Pahlawan Nasional untuk Syaikhona Kholil
KH Marzuki Mustamar saat menerima Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Imron. (Foto: NOJ/Ist)
KH Marzuki Mustamar saat menerima Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Imron. (Foto: NOJ/Ist)

Malang, NU Online Jatim

Upaya serius dalam mengawal diraihnya gelar pahlawan nasional bagi Syaikhona Kholil dilakukan Bupati Bangkalan, R Abdul Latif Amin Imron. Salah satunya dengan berkunjung secara pribadi ke kediaman Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, KH Marzuki Mustamar, Rabu (17/02/2021).

 

Tentu saja apa yang dilakukan Bupati Bangkalan, diapresiasi oleh Pengasuh Pondok Pesantren Sabilurrosyad Dusun Gasek, Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kota Malang tersebut.

 

“Selaku pengasuh pondok pesantren, saya mendukung penuh gelar pahlawan bagi Syaikhona Muhammad Kholil atau Mbah Kholil karena memang beliaulah yang merupakan penentu lahirnya jamiyah Nahdlatul Ulama. Bahkan dari NU menjadi embrio lahirnya pergerakan nasional dan nasionalisme di kalangan pesantren,” kata Kiai Marzuki, sapaan akrabnya.

 

Lebih jauh disampaikan bahwa seluruh warga NU di Indonesia juga harus mendukung Mbah Kholil menjadi pahlawan nasional. Bahkan untuk hal ini, NU Jatim akan memberikan dukungan resmi.

 

“Insyaallah secara resmi PWNU Jatim juga akan mengeluarkan surat dukungan agar Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan mendapatkan gelar pahlawan nasional,” ujarnya.  

 

Dalam pandangan dosen Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang tersebut, Mbah Kholil banyak mencetak guru di seluruh pelosok tanah air Indonesia.

 

“Bisa dikatakan bahwa Mbah Kholil adalah gurunya para kiai se-Jawa dan Madura bahkan seluruh Indonesia,” tegasnya.

 

Kemudian Kiai Marzuki menyebut sejumlah nama murid Mbah Kholil seperti KH M Hasyim Asy’ari (Jombang), KH Abdul Wahab Chasbullah (Jombang), KH Bisri Syamsuri (Jombang), KH R As’ad Syamsul Arifin (Situbondo) dan masih banyak lagi.

 

Sedangkan R Abdul Latif Amin Imron selaku Bupati Bangkalan menyambut baik dukungan tersebut. Bahwa hingga kini semakin banyak dukungan dari seluruh lapisan masyarakat terutama pengasuh pondok pesantren seluruh Indonesia. Juga tokoh masyarakat, khususnya masyarakat Bangkalan yang ada di berbagai kota untuk pengusulan gelar pahlawan bagi Syaikhona Kholil.

 

Sebagai tokoh agama, Syaikhona Kholil Bangkalan memiliki sumbangsih besar dalam mencerdaskan bangsa.

 

“Kami berterima kasih atas sambutan dari KH Marzuki Mustamar serta dukungan atas akan diraihnya gelar pahlawan kepada Syaikhona Kholil,” ujar Ra Latif, sapaan akrabnya.

 

Cicit Syaikona Kholil ini mengatakan bahwa pihaknya sebagai pemerintah mendukung pemberian gelar pahlawan bagi ulama yang juga guru dari pendiri NU, KH Hasyim Asy’ari tersebut. Hal itu dengan pertimbangan agar nantinya generasi penerus bangsa dapat tetap mengenal dan meneladani tokoh yang juga akrab disebut Mbah Kholil Bangkalan tersebut.

 

“Kami mengharap dukungan dari semua lapisan masyarakat di Indonesia dan sekali lagi ini adalah ikhtiar kami bersama semoga dapat berkah dari beliau,” pungkas bupati berusia 38 tahun ini.


Editor:

Malang Raya Terbaru