• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 April 2024

Metropolis

NU Jatim Ingatkan Peningkatan Kualitas Tata Kelola Masjid

NU Jatim Ingatkan Peningkatan Kualitas Tata Kelola Masjid
Instruksi PWNU Jatim. (Foto: NOJ/Istimewa).
Instruksi PWNU Jatim. (Foto: NOJ/Istimewa).

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur mengeluarkan Instruksi peningkatan pengelolaan masjid. Hal tersebut sebagai langkah organisasi dalam memperkuat peranannya sebagai jam’iyyah diniyah-ijtima’iyyah.

 

Instruksi yang termaktub pada surat nomor 943/PW/A-II/L/V/2021 itu berisi sebagai berikut:

 

  1. Meningkatkan kualitas tata kelola masjid dan mushala untuk kemaslahatan sebesar-besarnya serta seluas-luasnya umat, bangsa dan negara, khususnya di masa pandemi seraya memastikan terpenuhinya protokol kesehatan pada seluruh kegiatan keagamaan di dalamnya.
  2. Meningkatkan peran masjid dan mushala dalam menjaga kedamaian dan kohesi sosial keumatan dan kebangsaan di lingkungan masing-masing dari upaya provokasi pihak manapun yang dapat berujung pada timbulnya kegaduhan sosial-politik.
  3. Tidak mengundang atau memperkenankan masjid dan mushala sebagai tempat acara sosial keagamaan bagi penceramah atau siapapun yang berpotensi memecah ukhuwwah Islamiyah, ukhuwwah wathoniyah, dan ukhuwwah basyariyah demi keutuhan umat, bangsa dan negara dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

 

Instruksi di atas ditujukan kepada Lembaga Ta’mir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMMU) PWNU Jawa Timur, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se-Jawa Timur beserta LTMNU PCNU, Pengurus Wakil Cabang dan Ranting se-Jawa Timur, serta Takmir Masjid-Mushala, dan warga Nahdliyin se-Jawa Timur.


Metropolis Terbaru