Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

NU Jatim Kawal Muktamar Digelar Akhir Tahun 2021

NU Jatim Kawal Muktamar Digelar Akhir Tahun 2021
Rapat gabungan syuriyah dan tanfidziyah PWNU Jatim, Selasa (14/09/2021). (Foto: NOJ/ Syaifullah).
Rapat gabungan syuriyah dan tanfidziyah PWNU Jatim, Selasa (14/09/2021). (Foto: NOJ/ Syaifullah).

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur akan mengusulkan waktu pelaksanaan Muktamar NU akhir tahun 2021 ini. Usulan ini merupakan hasil keputusan rapat gabungan syuriyah dan tanfidziyah PWNU Jawa Timur pada Selasa (14/09/2021).

 

“Ini keputusan resmi yang akan diperjuangkan PWNU Jatim pada Munas Alim Ulama dan Konbes NU 25 September mendatang,” kata KH Anwar Iskandar, Wakil Rais PWNU Jawa Timur.

 

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan Muktamar NU akan diputuskan dalam Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU. Pada saat Munas dan Konbes tanggal 25 September nanti, PWNU secara resmi akan menyampaikan usulan pelaksanaan Muktamar NU selambat-lambatnya pada bulan Desember 2021 mendatang.

 

Salah satu pertimbangan atas usulan tersebut karena dikhawatirkan terjadi krisis legitimasi di tubuh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU). Sebab, Muktamar NU seharusnya sudah digelar pada 2020 mendatang. Namun karena pandemi diputuskan diundur pada bulan November 2021.

 

“Usulan ini semata dimaksudkan agar roda organisasi terus bisa berjalan dalam keadaan apapun. Saya kawatir kalau muktamar tidak digelar tahun ini akan ada krisis legitimasi di tubuh PBNU,” ungkapnya.

 

Adapun rapat gabungan di PWNU Jatim dipimpin langsung oleh Rais Syuriah PWNU KH Anwar Mansur didampingi KH Anwar Iskandar serta dihadiri KH Agoes Ali Masyhuri, KH Mutawakil Alallah, KH Ali Maschan Moesa serta beberapa kiai lainnya.

 

 

Sementara dari jajaran tanfidziyah hadir Ketua Tanfidziyah KH Marzuki Mustamar, Wakil Ketua Tanfidziyah KH Abdusalam Sohib, serta Sekretaris Tanfidziyah H Ahmad Muzakki.

 

Editor: Romza


Editor:
F1 PWNU Jatim