Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

NU Jatim Verifikasi Rencana Pembentukan PCNU Besuki

NU Jatim Verifikasi Rencana Pembentukan PCNU Besuki
KH Ahsanul Haq, Ketua Tim Telaah PWNU Jatim. (Foto: NU Online Jatim)
KH Ahsanul Haq, Ketua Tim Telaah PWNU Jatim. (Foto: NU Online Jatim)

Situbondo, NU Online Jatim

Tim telaah dari Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur melakukan kunjungan ke Besuki. Hal tersebut guna menggali dan mendalami data terkait proposal permohonan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Besuki yang digagas lima Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) setempat. Yaitu Besuki, Widoropayung, Banyuglugur, Jatibanteng dan Mlandingan.

 

Ustadz Abd Jalal menyampaikan, pihaknya sangat berterima kasih kepada PWNU Jatim sudah memperhatikan pengajuan pembentukan PCNU Besuki.

 

“Kami tadi menyampaikan kepada Ketua Tim Telaah PWNU Jatim, KH Ahsanul Haq, bahwa 5 MWCNU, secara sumber daya manusia dan pengembalian sejarah PCNU Besuki saat ini sudah siap. Selain SDM, persiapan sarana dan prasarana sudah ada dan sudah dipersiapkan secara matang,” kata Ketua MWC NU Besuki tersebut, Rabu (03/03/2021).

 

Sementara Gus Abdullah Fathin selaku Ketua LP Ma’arif NU Besuki mengatakan, berdasarkan penelusuran sejarah dokumen, sudah jelas tertuang surat berisi tentang penolakan terhadap penggabungan antara PCNU Besuki dengan PCNU Situbondo.

 

“Semangat untuk eksisnya PCNU Besuki tetap masih menjadi semangat bagi dan sekitarnya khususnya pengurus saat ini. Oleh karena itu kami berikhtiar untuk mengembalikan sejarah PCNU Besuki dalam rangka penguatan keumatan dan kemandirian organisasi,” jelasnya.

 

Sedangkan KH Zainul Mun’im, selaku Rais MWCNU Banyuglugur mengatakan pengembalian sejarah PCNU Besuki ini untuk ikhtiar pengabdian kepada umat yang lebih besar lagi.

 

“Ikhtiar MWCNU di sekitar Besuki hanya semata-mata untuk kepentingan melayani umat,” katanya.

 

Selain itu, Herman Felani, Ketua MWCNU Jatibanteng melihat salah satu alasan pembentukan PCNU Besuki karena selama ini sulitnya akses jalan yang tidak bisa mengikuti kegiatan PCNU Cabang Situbondo.

 

“Dilihat dari sisi geografis yang menjadikan kendala untuk mengikuti kegiatan ke-NU-an tingkat cabang saat ini,” katanya.
 

Sementara KH Ahsanul Haq sebagai Ketua Tim Telaah dari PWNU Jatim menyampaikan bahwa pihaknya turun ke Besuki ingin tabayyun. Demikian juga menggali data dan informasi yang diperlukan.

 

“Kami dari Tim Telaah PWNU Jatim hanya sebatas menggali data dan informasi sedalam-dalamnya dari keinginan MWCNU. Dan keputusan nantinya ada di tangan PWNU Jatim,” tegasnya.

PWNU Jatim