Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

NU Sampang Minta Pemerintah Peduli terhadap Petani Tembakau

NU Sampang Minta Pemerintah Peduli terhadap Petani Tembakau
Ketua NU Sampang KH Moh Itqan Bushiri dalam acara sosialisasi cukai tembakau. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin)
Ketua NU Sampang KH Moh Itqan Bushiri dalam acara sosialisasi cukai tembakau. (Foto: NOJ/Fahromi Nashihuddin)

Sampang, NU Online Jatim

KH Moh Itqan Bushiri, Ketua Tanfidziyah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sampang, Madura, meminta pemerintah setempat agar lebih memperhatikan petani tembakau di Madura yang selalu mengalami kerugian, termasuk pada musim panen tahun ini.

 

"Harapannya, pemerintah harus hadir di sini, karena petani tembakau itu berkeinginan menghasilkan yang terbaik, tapi kenyataan di lapangan menjadi rusak karena ada tembakau dari luar," kata Kiai Itqan saat acara sosialisasi cukai tembakau di Pesantren Assirojiyyah Kajuk, Kamis (23/09/2021).

 

Kiai Itqan membeberkan, harga tembakau turun tahun ini karena salah satu faktornya masuknya tembakau luar Madura. Diperlukan intervensi pemerintah untuk mengatasi itu agar tembakau asli Madura bisa terserap dengan harga yang bagus.

 

Kiai Itqan pemerintah tidak hanya menggalakkan pemungutan bea cukai, tapi juga soal kesejahteraan petani tembakau, termasuk di Madura, khususnya di Sampang. Bagaimana caranya setiap panen tembakau petani terserap oleh perusahaan-perusahaan besar dan harganya tidak jatuh.  

 

"Karena memang mereka manfaatkan tembakau yang gagal dibeli perusahaan besar. Silakan dimanfaatkan, tapi perusahaan kecil juga harus mendapatkan binaan, seperti pembentukan asosiasi dan mendapatkan cukai yang lebih murah untuk dinikmati masyarakat," tandas Kiai Itqan.

 

Penulis: Fahromi Nashihuddin


Editor:
F1 Bank Jatim