Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

NU Trenggalek Bakal Gelar Ragam Kegiatan Meriahkan Hari Santri

NU Trenggalek Bakal Gelar Ragam Kegiatan Meriahkan Hari Santri
Ketua PCNU Trenggalek, KH Fathullah Sholeh. (Foto: nutrenggalek.or.id)
Ketua PCNU Trenggalek, KH Fathullah Sholeh. (Foto: nutrenggalek.or.id)

Trenggalek, NU Online Jatim

Menjelang peringatan Hari Santri 2021, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Trenggalek mulai mengagendakan rapat persiapan. Rapat yang dilakukan bersama pengurus lembaga dan badan otonom tersebut dipusatkan di Pondok Pesantren Bumi Hidayah At-Taqwa, Kedunglurah, Kecamatan Pogalan, Trenggalek, Selasa (14/09/2021).

 

Ketua PCNU Trenggalek, KH Fathullah Sholeh mengatakan, Hari Santri yang telah disahkan oleh pemerintah untuk diperingati setiap 22 Oktober merupakan bukti pengakuan pemerintah terhadap peran ulama dan santri dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 

“Hal itu sekaligus merevisi beberapa catatan sejarah, terutama yang ditulis pada masa orde baru, di mana peran santri dan ulama hampir tidak pernah disebutkan di dalamnya,” ujar Gus Loh, sapaan akrabnya.

 

Menurut Gus Loh, adanya Hari Santri ini akan memberikan ‘vitamin’ penyemangat dalam meneguhkan semangat nasionalisme, patriotisme, serta komitmen ke-Indonesia-an kepada para santri dan umat islam sebagai generasi penerus bangsa.

 

“Oleh karenanya, kami akan melaksanakan sejumlah kegiatan sebagai bentuk meneladani semangat perjuangan para ulama dan santri,” imbuh Gus Loh.

 

Disebutkan bahwa, pada momentum Hari Santri, PCNU Trenggalek akan menggelar sejumlah kegiatan. Mulai dari upacara peringatan Hari Santri, hingga tasyakkuran puncak perayaan Hari Santri.

 

"Upacara tersebut akan digelar tepat tangga 22 Oktober, sedang tasyakkuran rencananya akan dilaksanakan awal bulan Nopember,” jelasnya.

 

Di rapat persiapan tersebut, menurut Gus Loh, sejumlah lembaga dan banom mengutarakan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan. Diantaranya dari Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) yang akan mengadakan lomba twibbon Hari Santri 2021, lomba antologi cerpen/puisi untuk pelajar/santri.

 

“Bahkan, mereka juga akan menggelar lomba profil kepengurusan dan talkshow Hari Santri,” sebutnya.

 

Gus Loh menyebutkan, spirit yang diusung dalam ragam kegiatan tersebut ialah untuk menumbuhkan bakat dan minat para santri dan kader muda NU sebagai generasi penerus.

 

“Semoga sejumlah agenda yang direncanakan berjalan dengan lancar, serta mendapat barokah dari muassis Nahdlatul Ulama,” pungkasnya.

 

Editor: A Habiburrahman


Editor:
F1 PWNU Jatim