Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

NU Tutur Pasuruan Bantu Data Bangunan Rusak karena Gempa

NU Tutur Pasuruan Bantu Data Bangunan Rusak karena Gempa
Bangunan rusak akibat gempa di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/MMR)
Bangunan rusak akibat gempa di Kabupaten Malang. (Foto: NOJ/MMR)

Pasuruan, NU Online Jatim

Dampak gempa 6,1 skala richter yang berpusat di Kabupaten Malang merambat ke daerah lain. di Kabupaten Pasuruan, sejumlah bangunan rusak karena getaran gempa. Salah satunya di Kecamatan Tutur.

 

Sekretaris Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Tutur Sholekan menyebutkan ada kerusakan bangunan di daerahnya. Misalnya Masjid Baiturrahman Tutur, yang berawal dari menaranya patah, akhirnya menimpa serambi Masjid.

 

"Menara Masjid patah. Beberapa rumah rusak. Ada beberapa yang rusak parah. Di Desa Kayu Kebek Dusun Surorowo sampai ambruk rumah belakangnya," ujarnya kepada NU Online Jatim, Ahad (11/04/2021).

 

Sementara ini, penanganan masjid yang ambruk hanya dilakukan pembersihan puing-puing dan reruntuhan bangunan. Ia juga menjelaskan bahwa pengurus MWCNU Tutur sedang terus mengupdate data kaitannya dengan dampak gempa tersebut.

 

"Kami bersama warga sudah bergerak dan terus update data. Segera juga akan memberikan bantuan untuk warga terdampak," ujar Alumnus PMII Pasuruan tersebut.

 

Sebelumnya, Pengurus Wilayah NU Jatim telah menginstruksikan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU untuk berkoordinasi dengan relawan di Pengurus Cabang NU dan Majelis Wakil Cabang NU terdampak untuk membantu pemerintah dalam penanganan pascagempa.

 

Editor: Nur Faishal


Editor:
F1 PWNU Jatim