Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

OPOP Jatim Dukung Pesantren Al Inayah Pasuruan untuk Berdayakan Ekonomi

OPOP Jatim Dukung Pesantren Al Inayah Pasuruan untuk Berdayakan Ekonomi
Peresmian Kopontren Al Inayah. (Foto: NOJ/ti)
Peresmian Kopontren Al Inayah. (Foto: NOJ/ti)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Al Inayah Purowsari, Kabupaten Pasuruan telah memiliki Koperasi Pondok Pesantren yang berbadan hukum atas dampingan dari One Pesantren One Product (OPOP). KH Ali Zainal Abidin, pengasuh Pondok Pesantren Al Inayah mengungkapkan bahwa Kopontren ini menjadi badan usaha sekaligus sarana kemandirian lembaga.

 

“Kopontren kami awalnya hanya sebuah usaha toko, kemudian kita tingkatkan lebih baik lagi untuk melayani santri dan masyarakat,” katanya, Kamis (31/12/2020).

 

Pesantren Al Inayah juga memiliki produk unggulan karya para santri, yaitu nugget lele dan bakso lele.

 

“Kami punya nugget lele dan bakso lele sebagai produk unggulan dari para santri,” ujarnya.

 

Kiai Ali menjelaskan bahwa, bahan dasar lele yang digunakan untuk pembuatan produk merupakan hasil dari budidaya sendiri.

 

“Untuk pembuatannya, kami menggunakan ikan lele hasil budidaya sendiri. Jadi ikan lele yang kami budidaya tidak dijual secara langsung namun diolah menjadi sebuah produk yang siap edar dengan kemasan apik,” jelasnya.

 

Melihat potensi yang sedemikian rupa, Mohammad Ghofirin, Sekretaris OPOP Jatim optimis bahwa Al Inayah semakin berjaya.

 

“OPOP Jatim optimis Al Inayah ke depan akan semakin berjaya. Program pemberdayaan santri, pesantren dan alumninya akan berjalan dengan baik,” terangnya.

Iklan promosi NU Online Jatim