Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Organisasi Pelajar di Ponorogo Gelar IPNU IPPNU Awards untuk Tertibkan Administrasi

Organisasi Pelajar di Ponorogo Gelar IPNU IPPNU Awards untuk Tertibkan Administrasi
Pamflet IPNU IPPNU Awards. (Foto: NOJ/husnul)
Pamflet IPNU IPPNU Awards. (Foto: NOJ/husnul)

Ponorogo, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Ponorogo adakan kegiatan sebagai upaya meningkatkan kualitas organisasi yang dikemas dengan 'IPNU IPPNU Awards'.
 

Acara yang dimulai pada Ahad hingga Rabu (04-07/04/2021) ini dilaksanakan sesuai dengan jadwal dan bertempat di sekretariatan Pimpinan Anak Cabang (PAC) masing-masing.

 

Sasaran dari kegiatan ini adalah setiap PAC se-Kabupaten Ponorogo yang dimana tujuan dari adanya kegiatan ini agar setiap PAC mampu memahami dan merealisasikan penertiban administrasi organisasi.
 

Berbicara organisasi pasti juga akan ditanya berapa jumlah anggota? Bagaimana tata kelolanya? Berapa anggota yang sudah mengikuti pengkaderan? Kegiatan apa saja yang sudah dilakukan? Dan masih banyak lagi. Oleh karena itu perlu adanya bukti yang diwujudkan dengan data-data yang valid. 

 

“Data-data yang diperoleh nantinya digunakan sebagai bahan evaluasi dan progam kerja PC dan untuk mengetahui bagaimana menyikapi setiap permasalahan di PAC setempat," ungkap Wemerza Hindid Dahlawi, Sekretaris PC IPNU Ponorogo yang akrab disapa Erza.

 

Tim penilai visitasi IPNU IPPNU Awards ini berasal dari sekretaris, waka kaderisasi dan waka organisasi. Setiap PAC Antusias dengan semangat mengikuti acara ini, karena berdasarkan evaluasi dari sekretaris umum PC IPPNU Ponorogo menyatakan bahwa setiap PAC telah mempersiapkan penertiban administrasi tersebut dengan matang.
 

"Saya perhatikan kelengkapan surat-surat dan file dokumentasi yang telah mereka persiapkan nyaris sempurna, mereka sudah berusaha semaksimal mungkin dan semoga terus semangat untuk berbenah dan lebih giat lagi,” ungkap Linda Ratnawati, Sekretaris PC IPPNU Ponorogo.


Ada 3 kategori yang dinilai yakni administrasi, kaderisasi, dan organisasi.

 

Penilaian administrasi yakni meliputi data dokumentasi dan lembar secara fisik. Dengan indikator penilaiannya ada dan lengkap dengan nilai 90-95, ada dan tidak lengkap 80-85, tidak punya data dan tidak ada dokumentasi dengan nilai 50.

 

IPNU IPPNU Awards ini nantinya akan menjadi kegiatan rutin yang diadakan dua tahun sekali oleh PC IPNU IPPNU Ponorogo. Selain penilaian kegiatan ini juga sebagai sarana diskusi interaktif PC dengan PAC untuk memberikan solusi, kritik dan saran di masing-masing PAC.

 

“Progam ini  bukan hanya untuk memenuhi kegiatan tetapi sebagai kebutuhan dalam rangka menilai kinerja dan menata ke depan agar terbiasa dengan skema administrasi yang tepat dan diterapkan dalam keseharian organisasi,” kata Anton Samsuri selaku Ketua PC IPNU Ponorogo.

 

“Data hasil visitasi tidak akan selesai begitu saja, akan tetapi akan diolah oleh Pimpinan Cabang untuk menentukan sebuah progam dan kebijakan baru," ucapnya.

 

Editor: Risma Savhira


Editor:
F1 Promosi