Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

PAC Ansor di Lamongan Bekali Kader Kemampuan Gerakan Digital

PAC Ansor di Lamongan Bekali Kader Kemampuan Gerakan Digital
Pelatihan manajemen sosmed dan desain konten yang diadakan PAC Ansor Sarirejo Kabupaten Lamongan, Ahad (17/01/2021). (Foto: NOJ/ist).
Pelatihan manajemen sosmed dan desain konten yang diadakan PAC Ansor Sarirejo Kabupaten Lamongan, Ahad (17/01/2021). (Foto: NOJ/ist).

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kecamatan Sarirejo Kabupaten Lamongan mengadakan pelatihan menejemen sosmed dan desain konten di Balai Desa Gempoltukmloko, Ahad (17/01/2021).  Pelatihan ini diikuti oleh Ketua Pimpinan Ranting (PR) GP Ansor dan tim sosmed dari masing-masing ranting se-Kecamatan Sarirejo.

 

Pelatihan ini merupakan wujud dari pembekalan kapasitas digital kader Ansor, Terutama dalam hal medsos. Sebagaimana amanat Peraturan Organisasi Nomor 10 Hasil Konferensi Besar (Konbes) ke XXIII Gerakan pemuda Ansor tentang akreditasi pimpinan organisasi. Yang dalam salah satu poin komponen penilaian akreditasi adalah peningkatan kapasitas digital kader, baik itu di Wilayah sampai Ranting.

 

Hepi Ikmal, Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Sarirejo menjelaskan, pelatihan ini merupakan bagian dari pelaksanaan amanat peraturan organisasi hasil Konbes XIII, dimana Gerakan Pemuda Ansor di semua tingkatan wajib  mengembangkan kapasitas digital kader yang indikatornya wajib memiliki sosmed. Baik dari tingkat Ranting hingga wilayah.

 

“Kalau kemarin, kita bersosmed merupakan suatu hal yang komplementer (pelengkap). Hari ini mau tidak mau menjadi kewajiban, menjadi acuan dan menjadi tolak ukur dalam menjalankan organisasi ini,” kata Hepi Ikmal.

 

Pelatihan ini membahas dua hal penting yakni menejemen redaksi sosmed dan desain konten. Menejemen redaksi dimaksudkan agar setiap ranting bisa membentuk tim yang solid, dan tidak mengantungkan pada salah satu orang.

 

Selanjutnya materi desain konten berbasiskan misrosoft power point dimaksudkan agar tim sosmed punya kemampuan dalam membuat desain konten untuk keperluan publikasi.

 

Selama pelatihan peserta langsung diminta membuat susunan tim sosmed beserta rubrik sesuai kebutuhan masing-masing dan langsung membuat akun sosmed Facebook, Instagram dan Twitter. Selanjutnya dibekali materi desain dengan microsoft power point dengan beberapa tempat yang sudah disediakan.

 

 

“Ini bukan sekedar kegiatan pelatihan, bukan sekedar transfer knowledge, ataupun transfer skill. Lebih dari itu pelatihan ini harus bisa melahirkan gerakan digital. Yang namanya gerakan itu action, serentak dan massif. Makanya setelah pelatihan ini semua indikator, terbentuknya tim, terbentuknya tiga akun sosmed dan upload pertama harus kita lakukan sebelum pelatihan ini selesai,” pungkas Hepi Ikmal.

Iklan promosi NU Online Jatim