Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Para Pelajar di Sidoarjo Berjibaku Galang Donasi untuk Korban Bencana

Para Pelajar di Sidoarjo Berjibaku Galang Donasi untuk Korban Bencana
Penggalangan dana untuk korban bencana di perempatan alun-alun sidoarjo. (Foto: NOJ/Della)
Penggalangan dana untuk korban bencana di perempatan alun-alun sidoarjo. (Foto: NOJ/Della)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Bencana banjir bukanlah sesuatu yang baru bagi masyarakat. Akhir-akhir ini bencana banjir di Kalimantan Selatan merenggut nyawa 46 orang dan 135.656 terpaksa mengungsi untuk sementara waktu. Merespons hal tersebut, para pelajar semangat untuk menggalang donasi. Mereka adalah gabungan dari Pimpinan Komisariat (PK) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU), Pramuka, dan Palang Merah Remaja (PMR) SMK Plus Nahdlatul Ulama Sidoarjo.

 

Kegiatan ini patut diacungi jempol. Saat cuaca sedang hujan deras mereka berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp 921.000 hanya dalam waktu satu jam. Kegiatan yang berlangsung, Rabu (24/03/2021) di perempatan lampu merah alun-alun Sidoarjo mendapat apresiasi dari kendaraan yang lalu lalang. Dari hasil donasi yang terkumpul kemudian disalurkan melalui NU Care-Lembaga Amil, Zakat, Infaq, dan Shadaqah (LAZISNU) Sidoarjo.


Awalnya pengumpulan donasi diperuntukkan kepada korban banjir yang berada di Kalimantan Selatan, tetapi dari pihak NU Care-LAZISNU Sidoarjo tidak hanya menyalurkan di provinsi tersebut melainkan juga untuk korban bencana di Jawa Timur.


"Melihat kondisi di Jawa Timur sendiri ternyata juga membutuhkan bantuan dana, sehingga donasi berjalan untuk keduanya," kata Laras yang juga turut serta dalam penggalangan donasi tersebut.


Hari kedua, Kamis (25/02/2021) mereka melanjutkan aksi galang dana di tempat yang sama. Dan dapat mengumpulkan uang sebesar Rp 489.500 dengan total keseluruhan donasi sebanyak Rp 3.165.500.

 

"Selain uang, bantuan dana sering dirupakan hewan-hewan ternak seperti sapi atau kambing supaya bisa diternakkan untuk modal para korban," terangnya.

 

Mereka berharap dengan adanya bantuan modal ternak dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar untuk dikelola lagi.

 

"Karena jika hanya menggantungkan pemberian dari seseorang terus menerus dirasa tidak mungkin.  Allah pun memerintahkan kita untuk beribadah salah satunya yaitu mencari nafkah," pungkasnya.

 

Penulis: Della Hauzaniah

Editor: Risma Savhira


Editor:
F1 PWNU Jatim