Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pasar Sedekah, Cara Ranting Fatayat NU di Pamekasan Bantu Warga Sembako Gratis

Pasar Sedekah, Cara Ranting Fatayat NU di Pamekasan Bantu Warga Sembako Gratis
Kegiatan Pasa Sedekah yang diadakan Ranting Fatayat NU Bangkes, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Jumat (06/11/2020). (Foto: NOJ/ Syarofi).
Kegiatan Pasa Sedekah yang diadakan Ranting Fatayat NU Bangkes, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan, Jumat (06/11/2020). (Foto: NOJ/ Syarofi).

Pamekasan, NU Online Jatim

Hari Jumat dikenal dengan sebutan sayyidul ayyam dikarenakan banyak rahmat bahkan pahala yang dilipat gandakan oleh Allah Swt dibanding hari lain.  Atas dasar itulah umat Islam memperbanyak kebaikan. Mulai dari memperbanyak shalawat, dzikir, baca Al-Quran atau melalui sedekah seperti yang dilakukan oleh Fatayat NU Ranting Desa Bangkes, Kecamatan Kadur, Kabupaten Pamekasan hari ini, Jumat (06/11/2020).

 

Melalui program pasar sedekah, Bidang Sosial Fatayat NU Ranting Bangkes ini bekerja sama dengan ‘Compok Literasi’ membuka lapak aneka ragam sayur, buah-buahan, minyak goreng, tepung, telur, tempe, tahu dan bahan dapur lainnya. Barang-barang tersebut diberikan kepada warga setempat secara cuma-cuma yang bertempat di kompleks MI Al-Falah 2.   

 

Jamilah, Ketua Fatayat NU Ranting Bangkes mengatakan, program pasar sedekah ini sebagai ikhtiar untuk berbagi dengan sesame meski ditengah Pandemi Covid-19. "Barang-barang yang dijual melalui program ini kami dapatkan  dari sumbangan para donatur. Mereka menyalurkan sebagian rezekinya kepada kami via online. Kemudian kami salurkan kepada warga melalui program pasar sedekah ini," katanya.

 

Ia juga menuturkan, dalam pelaksanaan program ini ada pembatasan bagi setiap warga saat mengambil barang yang disediakan. Sebab, pihaknya menginginkan semua warga bisa mendapatkannya. "Untuk sistemnya adalah setiap warga yang datang wajib mengambil barang sedekah ini maksimal 3 item barang," jelas Jamilah.

 

Alumni mahasiswa Pascasarjana Universitas Brawijaya (UB) Malang itu berharap, program pasar sedekah ini berjalan setiap bulan. "Harapan kami acara ini bisa berlanjut.  Semoga bisa mengumpulkan donasi lebih banyak sehingga Fatayat memberikan manfaat lebih banyak," imbuh putri K Abdus Shomad  itu.

 

"Kami sangat senang jika kegiatan ini mau diadopsi oleh Banom NU yang lain baik di Bangkes ataupun wilayah lainnya.  Nanti kita bisa membangun kerja sama yang lebih besar untuk memberikan manfaat bagi masyarakat secara umum," harapnya.

 

Sementara itu, Sutiah, salah satu warga setempat mengaku senang dengan program pasar sedekah tersebut. "Terimakasih Fatayat NU kami sangat senang dan terbantu dengan program ini. Kami berharap kedepan bisa setiap bulan,  dan diberikan lebih banyak," katanya.

 


 

Dalam kesempatan yang sama, Compok Literasi pimpinan Arinal G juga membuka lapak buku untuk anak-anak dan remaja.

 

Bagi siapapun yang ingin membantu donasi untuk program ini bisa melalui transfer ke Rekening BRI - 041701024045502 atas nama Jamilah atau menghubungi 081330609298.

 

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim