• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Patuhi Protokol, LAZISNU Jatim Datangi Rumah Dluafa Bagikan Bantuan

Patuhi Protokol, LAZISNU Jatim Datangi Rumah Dluafa Bagikan Bantuan
PW NU Care-LAZISNU Jatim memberikan bantuan langsung kepada para dluafa. (Foto: NOJ/Istimewa)
PW NU Care-LAZISNU Jatim memberikan bantuan langsung kepada para dluafa. (Foto: NOJ/Istimewa)

Surabaya, NU Online Jatim

Demi memastikan tidak terjadi kerumunan massa saat pembagian bantuan, Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Jawa Timur punya cara berbeda. Yang dilakukan adalah dengan mengunjungi satu demi satu rumah warga yang layak dibantu.

 

Kegiatan tersebut dilakukan NU Care-LAZISNU Jatim tyang kali ini menggandeng Yayasan Anak Bangsa Bisa (YABB). Yayasan ini melalui Gerakan #SumbangSuara yang diluncurkan bersama figur publik papan atas seperti Slank, Luna Maya, Chef Arnold Poernomo, Kerenina Sunny, serta Giring Ganesha mulai mendistribusikan bantuan yang sudah terkumpul.

 

Saat ini gerakan #SumbangSuara berhasil menyalurkan 10.000 lebih paket bantuan berupa sembako yang masing-masing bernilai 100.000. Bantuan tersebut diberikan kepada janda dluafa, pekerja harian seperti pemulung sampah, pedagang asongan, ART harian, buruh cuci, penjaga parkir, yang terdampak Covid-19 di 17 kota di seluruh Indonesia.

 

YABB dalam hal ini juga berterima kasih kepada NU Care-LAZISNU yang telah menjadi mitra dalam menyalurkan bantuan di Surabaya Raya agar tepat sasaran bagi para pekerja harian yang membutuhkan.

 

Afif Amrullah selaku Ketua PW NU Care-LAZISNU Jatim mengatakan senang dapat berkolaborasi dengan Yayasan Anak Bangsa Bisa dan dapat terlibat dalam gerakan #SumbangSuara. 
 

 

“Gerakan ini penting karena tidak hanya langsung membantu janda dluafa, para pekerja harian yang penghasilannya terdampak, tapi juga menimbulkan semangat dan optimisme baru,” katanya, Ahad (12/7).

 

Dikatakan Afif, titik awal distribusi khususnya di Surabaya, menyasar para pekerja harian yang berada di beberapa wilayah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sukolilo, Surabaya.

 

“Selain pemulung sampah tentunya, ada beberapa warga yang juga menjadi pedagang asongan, buruh cuci, penjaga parkir, janda dhuafa dan lain-lain,” kata pria yang juga Ketua Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jatim tersebut.
 

 

Kegiatan juga menggandeng GoTroops dan mitra Gojek menyambangi rumah penduduk satu per satu untuk menghindari kerumunan serta tetap mengedepankan protokol kesehatan.


 

Proses pembagian bantuan disalurkan oleh berbagai mitra Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) resmi. seperti Baznas, Lazis Muhammadiyah, NU Care - LAZISNU, Rumah Zakat, Forum CSR Jakarta, Indorelawan, Dobri Narod, Foodbank of Indonesia, Rumah Millennials, serta Wahana Visi Indonesia.

 

Ketua Yayasan Anak Bangsa Bisa, Monica Oudang mengatakan aksi ini merupakan semangat gotong royong yang menjadi nadi dari gerakan #SumbangSuara.

 

“Karena itu kami bergerak bersama berbagai elemen masyarakat seperti figur publik, LSM, dan tokoh masyarakat daerah setempat,” katanya. 

 

YABB berterima kasih untuk 58 ribu lebih donatur yang turut menyumbangkan rezeki dan doa serta harapan mereka di platform kitabisa.com sehingga saat ini bisa meneruskan amanah dalam bentuk bantuan sembako untuk para pekerja harian.

 

Hingga kini bantuan telah menyapa warga di kota-kota yakni Jakarta, Bandung, Medan, Depok, Tangerang, Bogor, Balikpapan, Manado. Juga Palembang, Semarang, Surabaya, Padang, Malang, Solo, Yogyakarta, Makassar hingga Jayapura.

 

Diolah dari: https://daerah.sindonews.com/read/98854/704/yayasan-anak-bangsa-bisa-salurkan-bantuan-untuk-para-pekerja-harian-1594598871


Editor:

Metropolis Terbaru