• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 19 Maret 2024

Metropolis

PBNU Dukung Kedaulatan Palestina dan Kecam Agresi Israel

PBNU Dukung Kedaulatan Palestina dan Kecam Agresi Israel
Ketum PBNU menyampaikan sikap di kediaman resmi Duta Besar Palestina. (Foto: NOJ/ISt)
Ketum PBNU menyampaikan sikap di kediaman resmi Duta Besar Palestina. (Foto: NOJ/ISt)

Surabaya, NU Online Jatim

Secara khusus, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj berkunjung ke kediaman resmi Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun, di Menteng, Jakarta Pusat, pada Senin (17/05/2021) malam. 

 

Pada pertemuan itu, Kiai Said menyampaikan kecaman keras terhadap agresi militer yang dilakukan Israel. Ia juga mendesak kepada Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan komunitas internasional untuk segera mengambil langkah cepat untuk menyepakati gencatan senjata.

 

“Ini sebagai bagian dari tanggung jawab komunitas internasional dalam menyikapi konflik yang mencederai kemanusiaan,” tutur Kiai Said, didampingi Sekretaris Jenderal PBNU H Ahmad Helmy Faishal Zaini dan Ketua PBNU H Robikin Emhas sebagaimana dilansir NU Online

 

Ia juga mendorong pemerintah Indonesia untuk menggalang dukungan dan mengambil upaya untuk mewujudkan kedaulatan Palestina, sekaligus mengakhiri konflik kemanusiaan yang terjadi sehingga menciptakan perdamaian dan keamanan dunia. 

 

Disampaikan, NU telah menyatakan dukungan atas kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sejak Muktamar ke-13 di Menes, Banten, pada 1938. Hingga kini, komitmen terhadap kemerdekaan Palestina itu tetap dipegang teguh.

 

“Kami terus teguh pendirian untuk menyampaikan pandangan dan sikap bahwa bagi kami Palestina adalah bangsa yang berdaulat. Kami juga mendorong seluruh pihak untuk melakukan dialog agar kekerasan tidak terjadi lagi dalam upaya penegakan kedaualatan Palestina,” tegas Kiai Said. 

 

Kiai Said mengajak kepada Nahdliyin dan seluruh umat Islam di Indonesia untuk berbuat semaksimal mungkin demi menjaga solidaritas sesama Muslim dan terhapusnya penjajahan di muka bumi.

 

“Demi tegaknya hak-hak asasi kemanusiaan yang menjunjung prinsip kemerdekaan dan kedaulatan,” tegasnya. 

 

Kiai Said mengajak pula untuk bersama-sama mengulurkan bantuan bagi rakyat Palestina melalui NU Care-LAZISNU. Menurutnya, hal itu sebagai bentuk solidaritas dan dukungan yang sangat berharga bagi warga Palestina. 

 

“Mari ulurkan bantuan dan tali kasih bagi saudara-saudara kita di Palestina melalui NU Care-LAZISNU. Uluran tangan kita, solidaritas dan dukungan kita, akan sangat berarti bagi saudara-saudara kita di Palestina,” katanya.

 

Donasi untuk Palestina bisa dilakukan dengan mengklik tautan www.nucare.id/program/pedulipalestina. Dari target Rp10 miliar, saat ini donasi yang digalang oleh NU Care-LAZISNU itu sudah terkumpul Rp589.757.248.  

 


Editor:

Metropolis Terbaru