Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

PC JQHNU Audiensi dengan Bupati Trenggalek, Ini Tujuanya

PC JQHNU Audiensi dengan Bupati Trenggalek, Ini Tujuanya
Pengurus JQHNU Trenggalek saat audiensi dengan Bupati Trenggalek Muhammad Nu Arifin. (Foto: NOJ/ Marisa Khoirila).
Pengurus JQHNU Trenggalek saat audiensi dengan Bupati Trenggalek Muhammad Nu Arifin. (Foto: NOJ/ Marisa Khoirila).

Trenggalek, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Jam’iyyatul Qurra Wal Huffazh Nahdlatul Ulama (JQHNU) Trenggalek mengadakan audiensi dengan Bupati Trenggalek, Mohammad Nur Arifin, Rabu (21/04/2021). Audiensi dilakukan guna memperkenalkan Badan Otonom (Banom) JQHNU kepada masyarakat umum.

 

Kegiatan yang bertempat di Pendapa Manggalapraja Kabupaten Trenggalek ini bertujuan sebagai syiar organisasi, termasuk kepada pemerintah. "Karena pada dasarnya masyarakat NU sendiri belum banyak yang tahu tentang JQHNU itu organisasi apa, menaungi apa, dan kegiatannya apa saja," kata Rizal Furqan Ramadhan, Ketua PC  JQHNU Kabupaten Trenggalek.

 

JQHNU adalah organisasi yang bertujuan menghimpun dan mempersatukan para ahli qira’atul qur’an serta memelihara kesucian Al-Qur’an. Yang selanjutnya akan mempelajari segi bacaan (tilawah) dan hukum-hukum tajwid maupun qira’at. Kemudian mempelajari isi yang terkandung di dalamnya guna diamalkan oleh setiap umat Islam di Indonesia. Sekaligus untuk menyebar-luaskan dakwah Islamiyah seni bacaan Al-Qur’an sesuai dengan hukum-hukum tajwid dan qira’at sebagai pedomannya.

 

"Dari adanya audiensi ini PC JQHNU ingin memberitahukan kepada masyarakat umum dan pemerintah bahwa NU memiliki Banom yang berkecimpung dalam Al-Qur’an yang menaungi qori dan qoriah, serta hafidz dan hafidzah khususnya di Trenggalek sendiri," terangnya.

 

Diceritakannya, di Trenggalek masih terdapat 10 Pimpinan Anak Cabang (PAC) sedangkan ada 14 kecamatan di Kabupaten Trenggalek. "Ini merupakan Pekerjaan Rumah (PR) bagi kita pengurus cabang tentunya," kata Rizal.

 

Dengan kasus yang demikian, para pengurus JQHNU Cabang Trenggalek akan mengadakan koordinasi dengan seluruh PAC yang sudah terbentuk dan akan mengadakan pelantikan bagi pengurus di 10 PAC yang sudah terbentuk.

 

Ia berharap, baik pengurus cabang dan PAC senantiasa semangat dan benar-benar berkhidmah untuk umat dan NU. "Agar bisa bermanfaat dan memberi manfaat bagi seluruh umat khusunya nahdliyyin, dengan itu maka JQHNU akan semakin bertambah besar dan dikenal secara luas oleh seluruh Indonesia,” tandasnya.

 

 

Sambutan hangat dan respon positif dari Bupati Trenggalek memberikan tambahan asupan semangat bagi para pengurus JQHNU Trenggalek.

 

Editor: Romza

PWNU Jatim