Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

PCNU Probolinggo Serahkan Ratusan Paket Bantuan untuk Korban Banjir

PCNU Probolinggo Serahkan Ratusan Paket Bantuan untuk Korban Banjir
Penyeahan bantuan paket sembako dari PCNU Kabupaten Probolinggo untuk korban terdampak banjir di Kecamatan Dringu, rabu (03/02/2021). (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).
Penyeahan bantuan paket sembako dari PCNU Kabupaten Probolinggo untuk korban terdampak banjir di Kecamatan Dringu, rabu (03/02/2021). (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).

Probolinggo, NU Online Jatim

Solidaritas sosial terhadap warga terdampak banjir di Desa Kedung Dalem dan Dringu, Kecamatan Dringu Kabupaten Probolinggo terus berdatangan. Kali ini, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Probolinggo yang menyerahkan bantuan paket sembako kepada korban terdampak banjir, Rabu (3/3/2021).

 

Bantuan paket sembako diserahkan oleh Ketua PCNU KH Abdul Hamid dan Camat Dringu, Siti Mualimah secara simbolis kepada 10 warga terdampak. Penyerahan secara simbolis dilakukan di Kantor Kecamatan Dringu.

 

Total ada 153 paket sembako yang diserahkan PCNU untuk warga terdampak banjir. Setiap paket berisi beras 5 kilogram dan sejumlah mie instan.

 

"Selebihnya paket semboko diserahkan langsung kepada korban oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Dringu dan Muslimat NU," kata Kiai Hamid.

 

Tokoh asal Kecamatan Tongas ini mengatakan, bantuan paket sembako merupakan wujud kepedulian ormas NU terhadap sesama yang terdampak bencana banjir.

 

Kiai Hamid bercerita, begitu bencana terjadi Kader Penggerak NU langsung melakukan penggalangan dana secara spontanitas. "Untuk meringankan beban warga terdampak," ujarnya.

 

Di sisi lain, Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah (LAZISNU) Kabupaten Probolinggo juga melakukan penggalangan dana untuk membantu korban banjir melalui media social (medsos).

 

Untuk diketahui, sebelumnya, hujan lebat yang mengguyur wilayah Probolinggo memicu terjadinya banjir di sejumlah daerah. Di Kecamatan Dringu, dua desa langganan banjir terendam dalam dua malam berturut-turut. Yakni pada Sabtu (27/2/2021) dan Ahad (28/2/2021) malam.

 

 

Dua desa tersebut adalah Desa Dringu dan Desa Kedung Dalem, Kecamatan Dringu, Kabupaten Probolinggo. Banjir terjadi karena luapan Sungai Kedung Dalem. Dan diperparah oleh ambrolnya tanggul sungai di sejumlah titik.

 

Penulis: Siti Nurhaliza

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim