• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 28 Maret 2024

Malang Raya

Peduli Bencana, Mahasiswa UNU Blitar Adakan Penggalangan Dana

Peduli Bencana, Mahasiswa UNU Blitar Adakan Penggalangan Dana
Sejumlah panitia dari Hima PGSD UNU Blitar menyapa pengguna jalan untuk berdonasi. (Foto: NOJ/M Iswan)
Sejumlah panitia dari Hima PGSD UNU Blitar menyapa pengguna jalan untuk berdonasi. (Foto: NOJ/M Iswan)

Blitar, NU Online Jatim

Bencana yang melanda sejumlah kawasan di Tanah Air mematik simpati sejumlah kalangan. Mereka dengan beragam cara memberikan bantuan demi meringankan beban korban.

 

Kali ini Hima Prodi (HMP) Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar mengadakan open donasi peduli bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan. Kegiatan dilaksanakan mulai Kamis hingga Sabtu  (28/01/2021 - 06/02/2021).

 

Pembina HMP PGSD UNU Blitar, Ahmad Izzuddin menyampaikan bahwa apa yang dilakukan adalah kegiatan positif. Hal tersebut karena semua adalah saudara. Jadi, apabila ada saudara yang terkena musibah, sudah selayaknya membantu.

 

"Jika membantu perorangan mungkin terasa kecil untuk dikirim langsung ke Sulawesi barat. Namun jika yang kecil itu dikumpulkan dari banyak orang, maka bantuan akan bisa dirasakan manfaatnya bagi saudara kita yang membutuhkan," katanya.

 

Demikian juga Hima PGSD UNU Blitar secara transparan melaporkan ke masyarakat melalui media berapa dana yang diperoleh dari penggalangan tersebut. Juga menyampaikan bagaimana proses menyaluran bantuannya.

 

“Hal ini agar ke depannya, masyarakat semakin percaya dengan kegiatan-kegiatan UNU Blitar," harapnya.

 

Open donasi  yang dilaksanakan selama kurang lebih sepekan tersebut memperoleh dana sebesar Rp8.606.900 dan juga 5 kardus pakaian.

 

M Johan Masrukhin, Bupati HMP PGSD UNU Blitar mengatakan alasan mengadakan open donasi karena ada bencana di Kalimantan Selatan dan banjir di Sulawesi Barat.

 

"Semoga setelah adanya bencana seperti ini masyarakat bisa lebih saling menjaga alam dengan menanam pohon, dan tidak membuang sampah sembarangan," harap Johan.

 

Selama menggelar open donasi, seluruh pengurus Hima Prodi PGSD UNU Blitar ikut terlibat. Acara berlangsung sejak pagi hingga menjelang sore. Kegiatan diakhiri dengan penghitungan total hasil penggalangan dana yang diserahkan ke LAZISNU Kabupaten Blitar.

 

Penulis: Muhammad Iswan


Editor:

Malang Raya Terbaru