Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Peduli Bencana, Relawan IPNU-IPPNU Pasuruan Blusukan Galang Dana

Peduli Bencana, Relawan IPNU-IPPNU Pasuruan Blusukan Galang Dana
Relawan KPP Pasuruan berkeliling menghimpun dana untuk korban bencana di Tanah Air. (Foto: NOJ/M Sirojuddin)
Relawan KPP Pasuruan berkeliling menghimpun dana untuk korban bencana di Tanah Air. (Foto: NOJ/M Sirojuddin)

Pasuruan, NU Online Jatim

Indonesia rawan dengan aneka bencana. Beberapa waktu lalu banjir bandang menimpa kawasan di Nusa Tenggara Timur (NTT). Tidak berselang lama puting beliung menimpa sejumlah warga di Kecamatan Tutur, Pasuruan. Belum lagi kawasan lain seperti Malang, Lumajang, dan sebagainya.

 

Sebagai bentuk kepedulian atas musibah yang menimpa berbagai daerah, Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) melakukan penggalangan dana umat. Badan otonom di NU tersebut juga menggandeng Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan  Korp Pelajar Putri (KPP).

 

Aksi kemanusiaan digelar dengan melalui penggalangan dana kepada pengguna jalan di beberapa titik yang telah ditentukan. Lokasinya antara lain Perempatan Kebonagung, Pertigaan Purwosari, Pasar Paserepan, dan Perempatan Pasar Nguling Pasuruan.

 

Kegiatan yang mendapat simpati masyarakat tersebut berlangsung selama dua hari, yakni hari Ahad hingga Senin (11-12/04/2021) sejak pagi hingga siang.

 

“Penggalangan dana merupakan bentuk kepedulian dan berharap seluruh pelajar NU peduli dan peka terhadap sesama,” kata Ketua PC IPNU Pasuruan, Imam Subondo, Senin (12/04/2021).

 

Dijelaskannya bahwa dsana yang terkumpul akan diberikan untuk korban melalui Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Pasuruan. Diharapkan nantinya dana dikirim kepada kalangan yang layak menerima.

 

“Sedikit yang bisa berikan ini semoga dapat meringankan beban saudara kami," harapnya.

 

Pantauan media ini di lapangan, masyarakat terlihat sangat antusias dalam memberi sumbangan. Hal tersebut tentu saja menambah semangat kader yang turun ke jalan, walaupun dalam kondisi matahari yang terik.

 

"Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Pasuruan yang menyumbang, semoga dilapangkan rezekinya dan dana yang terkumpul bisa bermanfaat Bagi korban bencana" kata Imam Muzakki, Komandan PC DKC CBP Pasuruan.

 

Disampaikannya bahwa dengan saling membantu dan gotong royong dalam kebaikan, akan berdampak baik bagi semua. Salah satunya adalah dijauhkan dari beragam musibah.

 

“Mudah-mudahan kita dijauhkan dari segala bencana dan musibah dalam bentuk apapun,” pungkasnya dengan penuh harap. 

 

 

Editor: Syaifullah

PWNU Jatim