• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 20 April 2024

Metropolis

Peduli Kesulitan Warga, Ranting NU di Lamongan Bagikan Paket Sembako dan Masker

Peduli Kesulitan Warga, Ranting NU di Lamongan Bagikan Paket Sembako dan Masker
Pembagian paket sembako kepada warga di kawasan Desa Kebalankulon, Sekaran, Lamongan. (Foto: NOJ/Titik Nur M)
Pembagian paket sembako kepada warga di kawasan Desa Kebalankulon, Sekaran, Lamongan. (Foto: NOJ/Titik Nur M)

Lamongan, NU Online Jatim

Pimpinan Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Desa Kebalankulon Kecamatan Sekaran, Lamongan, menggelar gerakan sosial berbagi masker dan sembako. 

 

"Dengan adanya wabah virus Covid-19 tentu mengurangi intensitas kerja warga, sehingga  PRNU Kebalankulon mencoba untuk ikut andil dalam meringankan beban masyarakat," kata H Syafi’i, Rabu (23/4). 

 

Dijelaskan Ketua PRNU Desa Kebalankulon tersebut bahwa gerakan sosial merupakan bentuk solidaritas seluruh badan otonom NU di kawasan setempat kepada masyarakat akibat wabah Covid-19. 

 

Kepada NU Online Jatim, H Syafi’i menerangkan, dalam sepekan terakhir pengurus membuka donasi untuk kegiatan ini. 

 

"Alhamdulillah dalam satu minggu dapat mengumpulkan dana Rp. 62.020.000 dan 1.561 masker. Sebagian besar donasi tersebut berasal dari warga perantauan yang diakumulasikan dalam 600 paket sembako," terangnya.

 

Disampaikan, rasa peduli warga perantauan terhadap persoalan Covid-19 di samping sebagai tindak lanjut dari instruksi presiden atas pelarangan mudik, juga melihat kondisi yang terjadi di Kabupaten Lamongan yang termasuk zona merah. 

 

"Meskipun dalam kondisi yang susah, warga NU yang ada di perantuan cukup antusias ikut berdonasi demi desa tercinta," ujarnya.   

 

Aksi pembagian masker dan sembako juga mendapat apresiasi dan dukungan dari jajaran Forkopimcam dan pemerintah desa. 

 

"Sebagai pemerintahan desa, saya sangat mengapresisasi kegiatan ini karena pastinya sangat membantu warga Desa Kebalankulon. Harapannya, nanti kegiatan serupa bisa diikuti organisasi lain." ungkap H Sumardi Hanif selaku Kepala Desa Kebalankulon.  

 

Salah satu warga, Janati mengungkapakan bahwa apa yang telah dilakukan PRNU Kebalankulon dengan menggelar gerakan sosial membagikan masker dan sembako sangat bermanfaat dan warga sekitar.

 

"Sangat membantu warga yang terdampak wabah virus Corona. Karena itu kami mengucapkan terima kasih NU Desa Kebalankulon telah membantu warga.” pungkasnya. 


Kontributor: Titik Nur Ma'rufah

Editor: Syaifullah


Editor:

Metropolis Terbaru