Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Peduli Lingkungan, Pelajar NU di Jember Bersihkan Sampah

Peduli Lingkungan, Pelajar NU di Jember Bersihkan Sampah
Aksi bersih sampah oleh pelajar NU di Jember. (Foto: NOJ/M Haris)
Aksi bersih sampah oleh pelajar NU di Jember. (Foto: NOJ/M Haris)

Jember, NU Online Jatim

Sampah membutuhkan perhatian khusus. Karena tidak sedikit masyarakat yang lalai dan menganggap enteng hal tersebut. Padahal dampak dari adanya sampah yang menumpuk akan berimbas pada menurunnya kualitas kehidupan. Termasuk kesehatan, keindahan lingkungan dan potensi terjadinya banjir akan lebih besar.

 

Kesadaran itu juga yang ada di benak Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Ambulu, Jember.  Yang dilakukan adalah dengan melaksanakan aksi bersih-bersih sampah, Rabu (24/02/2021). Kegiatan dipusatkan di sepanjang jalan dan jembatan Desa Tegal Sari, Ambulu.

 

Aksi sosial ini berlangsung sepekan sejak Ahad (21-28/02/2021) yang diikuti  PAC IPNU-IPPNU bersama DKAC CBP KPP dan seluruh ranting beserta Komisariat IPNU IPPNU se-Kecamatan Ambulu.

 

Muhammad Heru Salisi menyampaikan bahwa tujuan kegiatan untuk membersihkan sampah yang menumpuk di sepanjang jalan dan jembatan agar tidak terlihat kumuh.

 

“kita sering melewati tempat ini dan terlihat sangat kumuh karena sering ditempati untuk membuang sampah sembarangan,” katanya.

 

Ketua PAC IPNU Ambulu tersebut menambahkan bahwa selain bertujuan membersihkan lingkungan, kegiatan juga dilaksanakan dalam rangka memperingati hari sampah nasional tahun 2021.

 

Dirinya berharap setelah jalan dan jembatan sudah bersih dan selesai dicat, sehingga nantinya orang-orang yang biasa mebuang sampah sembarangan bisa sadar.

 

“Semoga mereka tidak terbiasa lagi membuang sampah di sini dan bisa membuang sampah pada tempat pembuangan yang disediakan,” harapnya.

 

Sementara itu, Jaiz Efendi, Kepala Desa Tegal Sari mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi aksi bersih-bersih yang dilakukan IPNU-IPPNU dan DKAC CBP KPP Ambulu.

 

“Apa yang dilakukan ini sangat membanggakan bagi saya. Ini menunjukkan betapa IPNU-IPPNU memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan di wilayah Ambulu,” ungkapnya.

 

Dirinya berharap ke depan IPNU-IPPNU bisa meneruskan dan mengembangkan kegiatan lebih produktif lagi.

 

“Kegiatan ini perlu diteruskan dan dikembangkan dalam rangka membantu masyarakat, bangsa dan negara untuk kemajuan bersama mananggulangi sampah,” pungkasnya. 

 

Penulis: Mohammad Haris

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim