Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Peduli Lingkungan, Pemuda NU di Surabaya Bersih-bersih Pantai Suramadu

Peduli Lingkungan, Pemuda NU di Surabaya Bersih-bersih Pantai Suramadu
Kegiatan bersih-bersih sungai Suramadu, Ahad (04/04/2021). (Foto: NOJ/ Hisam Malik).
Kegiatan bersih-bersih sungai Suramadu, Ahad (04/04/2021). (Foto: NOJ/ Hisam Malik).

Surabaya, NU Online Jatim

Pengurus Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kenjeran Surabaya, Jawa Timur bersama ormas setempat menggelar Aksi Solidaritas Bakti Alam Bersih-bersih Pantai Suramadu, Ahad (04/04/2021). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

 

Fahmi, Ketua PAC GP Ansor Kenjeran menjelaskan, pihaknya memiliki ide untuk melakukan aksi solidaritas ini dengan menggandeng seluruh elemen masyarakat setempat untuk bersama-sama menjaga alam tempat tinggal. Salah satunya dengan cara membersihkan lingkungan.

 

"Alhamdulillah kegiatan ini direspon positif dari berbagai kalangan masyarakat, banyak dari mereka yang bergabung untuk bergotong royong membersihkan area di sekitar pantai Suramadu," jelasnya.

 

Ia menambahkan, dengan adanya respon yang antusias seperti ini menunjukkan bahwa masyarakat di Kecamatan Kenjeran Surabaya masih memiliki kepedulian lingkungan yang tinggi terhadap bumi menjadi tempat tinggalnya.

 

"Memang hari ini terasa lelah bagi kita semua. Namun, semua itu tidak ada apa-apanya dibandingkan apabila dikemudian hari terjadi bencana alam di wilayah kita yang disebabkan oleh ulah manusianya sendiri, naudhhubillah," tambahnya.

 

Fahmi berharap keharmonisan antar organisasi seperti ini tidak berhenti sampai di sini, melainkan dapat berkelanjutan dengan kegiatan lainnya. Terlebih para pemuda sebagai roda penggerak harus mampu menciptakan komunikasi yang baik antar sesama kader bangsa.

 

"Dalam hal sosial dan kemanusiaan kita memang perlu bergandengan tangan demi terciptanya nilai manfaat yang lebih kepada masyarakat, yang terpenting minimal kali ini ini sudah memulai itu dengan bersih-bersih bersama," pungkasnya.

 

Sementara itu, Fadeli selaku ketua panitia mengungkapkan, dari data yang masuk banyak organisasi masyarakat ya ng turut bergabung dalam kegiatan ini.

 

"Dari Badan Otonom (Banom) yang bergabung ada PAC Fatayat, PAC Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) dan Pencak Silat Pagar Nusa setempat dan dari ormas lainnya ada Komunitas Wong Edan, Karang Taruna Kelurahan Tanah Kali Kedinding, Pimpinan Cabang (PC) Pemuda Muhammadiyah setempat, Syekhermania Surabaya Utara, Majlis Ta'lim dan Sholawat Ashabul Kahfi," ungkapnya.

 

Fadeli menjelaskan, pada saat pelaksanaan kegiatan ternyata diluar dugaan panitia. Sebab, banyak simpatisan yang bergabung sehingga panitia panitia harus membagi tugas di beberapa titik, termasuk untuk menghidari kerumunan.

 

 

"Kita bagi tugas dengan rincian ada tim yang membagikan stiker ucapan world water day, ada penyebaran tim ke tiga lokasi untuk memungut sampah dan hal ini efesien serta banyak sampah yang terkumpul," tandasnya.

 

Editor: Romza


Editor:
F1 Bank Jatim