Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka

Peduli Pengungsi Erupsi Semeru, Pelajar NU Probolinggo Galang Dana

Peduli Pengungsi Erupsi Semeru,  Pelajar NU Probolinggo Galang Dana
Kader CBP-KPP Kabupaten Probolinggo saat melakukan penggalangan dana, Jumat (04/12/2020). (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).
Kader CBP-KPP Kabupaten Probolinggo saat melakukan penggalangan dana, Jumat (04/12/2020). (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).

Probolinggo, NU Online Jatim

Pelajar Nahdlatul Ulama Kabupaten Probolinggo yang tergabung di Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) menggelar aksi penggalangan dana di tiga titik. Yaitu lampu merah gerbang tol Leces, lampu merah perempatan Laweyan, dan Tongas, Jum'at  (04/12/2020).

 

Adapun CBP dan KPP adalah sebuah lembaga di bawah naungan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). CBP dan KPP ini merupakan lembaga yang bergerak di kegiatan sosial, kepanduan, dan kebencanaan.

 

"Galang dana yang dilaksanakan dari pukul 13.00 WIB hingga 15.30 WIB ini merupakan salah satu kepedulian kita selaku CBP-KPP Kabupaten Probolinggo dan juga kewajiban kita di bidang sosial dan kemanusiaan," kata Lailatul Qomariyah, Ketua DKC KPP Kabupaten Probolinggo kepada NU Online Jatim.

 

Dalam penggalangan dana ini, anggota CBB-KPP mengajak pengendara yang melintas berdonasi. "Alhamdulillah di hari pertama ini mendapatkan hasil Rp 1.388.700. Belum lagi esok hari dan lusa," ungkap Ella, sapaan akrab Ketua DKC KPP tersebut.



Sementara itu, Syaiful Rizal Ketua PC IPNU-IPPNU Kabupaten Probolinggo menambahkan, penggalangan dana ini dilakukan  untuk mengajak masyarakat saling membantu sesama yang sedang ditimpa musibah.

 

"Latar belakang galang dana ini juga untuk memancing kesadaran publik untuk berbagi kepada saudaranya yang kesulitan karena bencana. Karena jiwa gotong-royong menjadi roh bangsa untuk optimistis menghadapi semua rintangan dan kesulitan bersama," ujarnya.



"Alhamdulillah antusias masyarakat akan kegiatan ini sangat baik serta kita sudah dapat izin dari Polsek Leces," tambahnya.

 

Ia berharap, penggalangan dana ini bermanfaat bagi sesama. "Semoga dapat bermanfaat bagi korban yang terdampak. Ssemoga segera pulih serta bagi penyumbang baik dari segenap pengguna jalan maupun yang donasi melalui transfer semoga diberi ganti yang lebih dan dihitung amal ibadah oleh Allah SWT," harap Rizki.

 

 

Adapun dana yang terkumpul, nantinya akan disalurkan kepada pengungsi korban bencana erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang. Namun akan tetap berkoordinasi dengan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Probolinggo. "Dana yang terkumpul ini akan dibagikan langsung ke lokasi pengungsian serta terlebih dahulu kita berkoordinasi dengan LAZISNU Kabupaten Probolinggo," pungkasnya.

 

Penulis: Siti Nurhaliza

Editor: Romza

PWNU Jatim Harlah