Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Peduli Santri, Unusa Laksanakan Program Pemberdayaan Pesantren

Peduli Santri, Unusa Laksanakan Program Pemberdayaan Pesantren
Pemberian cinderamata dari FK Unusa kepada Pengasuh Pondok Pesantren Assalafi, SUrabaya. (Foto: NOJ/humas)
Pemberian cinderamata dari FK Unusa kepada Pengasuh Pondok Pesantren Assalafi, SUrabaya. (Foto: NOJ/humas)

Surabaya, NU Online Jatim

Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) memiliki mata kuliah ilmu kesehatan masyarakat yang fokus pada kedokteran pencegahan, khususnya di pondok pesantren. selain itu, untuk menyiapkan pesantren yang mandiri di bidang kesehatan, FK Unusa juga mengajarkan mata kuliah pemberdayaan pesantren. Dalam pengimplementasian mata kuliah tersebut, FK Unusa melakukan penandatangan kerja sama dengan Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah Surabaya pada tahun 2018 lalu.

 

“Dengan kerja sama ini, FK Unusa dapat melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” kata Dekan FK Unusa, Dr dr Handayani, Selasa (23/02/2021).

 

Handayani menjelaskan, bahwa ke depan FK Unusa juga akan menyusun dan melaksanakan program pemberdayaan pesantren.

 

“Programnya dapat berupa pembentukan Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN), pelatihan kader santri husada, pelatihan pengelolaan sampah, hingga berbagai penyuluhan tentang kesehatan pribadi dan kesehatan lingkungan,” jelasnya.

 

Dirinya menambahkan, pihak pesantren sangat mengapresiasi adanya Memorandum of Understanding (MoU) ini.

 

“Pihak pondok pesantren sangat bersyukur mendapatkan bantuan tenaga dan ilmu kedokteran untuk penunjang kegiatan yang membutuhkan peran dokter dan mahasiswa kedokteran,” tambahnya.

 

Dari upaya yang telah dilakukan itu, Handayani berharap FK Unusa bisa memberi dampak yang baik bagi kesehatan para santri.

 

“Kami berharap, program ini bisa memberi manfaat yang besar bagi dosen, mahasiswa, serta santri,” pungkasnya.


F1 Promosi Iklan