• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

Peduli Sesama, NU Jember Gencarkan Bantuan Penanganan Covid-19

Peduli Sesama, NU Jember Gencarkan Bantuan Penanganan Covid-19
Relawan NU di Jember menyerahkan bantuan sembako ke warga yang isoman. (Foto: NOJ/MH)
Relawan NU di Jember menyerahkan bantuan sembako ke warga yang isoman. (Foto: NOJ/MH)

Jember, NU Online Jatim

Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 masih berjalan. Pandemi Covid-19 beserta dampaknya juga belum usai. Untuk meringankan warga, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Jember membuka posko penanganan Covid-19 sejak Jumat (23/07/2021) hingga pandemic dinyatakan selesai.

 

PCNU Jember menggerakkan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) bersama Lembaga Kesehatan Nahdlatul Ulama (LKNU) dalam kegiatan peduli terdampak Covid-19 itu. Posko ini menjadi pusat layanan NU untuk warga terpapar Covid-19 maupun yang terdampak secara ekonomi.

 

"Daerah di Jember sekarang ini banyak yang zona merah dan sedikit yang zona oranya atau pun zona hijau. Sehingga kita khususnya di Lembaga Penanggulangan Bencana di NU mempunyai tanggung jawab dan harus ikut andil  untuk membantu. Karena itu kali ini membangun posko penanganan Covid-19," kata komandan posko Moch Aminullah kepada NU Online Jatim, Ahad (01/08/2021).

 

Ia menjelaskan, bantuan yang didistribusikan di antaranya sembako yang diberikan kepada warga terdampak Covid-19 dan yang sedang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing. Distribusi dilakukan oleh relawan NU di seluruh kecamatan di Jember. Untuk melancarkan penyaluran bantuan, posko juga membukan penggalangan donasi PCNU Peduli.  

 

"Kita juga sedang membuka open recruitment untuk relawan penanggulangan Covid-19 serta mengerahkan dokter yang tergabung di LKNU untuk menjadi konsultan kesehatan," ujar Aminullah.

 

Beberapa dokter yang tergabung dalam LKNU Jember juga diterjunkan untuk membantu dalam menangulangi wabah Covid-19 ini dengan cara memberikan konsultasi kesehatan terhadap masyarakat yang membutuhkan.

 

"Semoga masyarakat bisa lebih sadar dalam gotong royong menanggulangi wabah ini dengan menjadi relawan penanganan dan mendonasikan sebagian hartanya untuk disumbangkan kepada warga melalui tim penanganan Covid-19 NU Jember, " ucap Aminullah.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru