Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Peduli Sesama, RSI Unisma Gelar Donor Darah

Peduli Sesama, RSI Unisma Gelar Donor Darah
Proses pengambilan darah. (Foto: NOJ/AI)
Proses pengambilan darah. (Foto: NOJ/AI)

Malang, NU Online Jatim

Di era pandemi Covid-19 kebutuhan darah semakin meningkat, sedangkan ketersediaan darah di bank darah Palang Merah Indonesia (PMI) semakin menipis. Hal tersebut akibat dari penurunan jumlah pendonor akibat kekhawatiran terhadap wabah Covid-19. Merespons hal tersebut, Rumah Sakit Islam (RSI) Universitas Islam Malang (Unisma) bekerja sama dengan PMI Kota Malang menggelar kegiatan donor darah pada Sabtu (16/01/2021).

 

“RSI Unisma telah bekerjasama dengan PMI Kota Malang dalam kegiatan donor darah sejak hampir sepuluh tahun yang lalu. Kami akan terus berkomitmen untuk rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah guna melayani kebutuhan kesehatan masyarakat,” kata Anang Isnaini Mustofa, Kepala Unit Humas dan Pemasaran RSI Unisma.

 

Menurutnya, kegiatan ini bertujuan untuk membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya menjunjung tinggi nilai kebersamaan dan kepedulian terhadap sesama.

 

“Kami juga ingin memfasilitasi para pendonor yang secara sukarela ingin menyumbangkan darahnya, serta membantu memenuhi kebutuhan stok darah PMI,” ujarnya.

 

Kegiatan yang berlangsung di halaman Poli RSI Unisma ini mendapat antuasiasme yang tinggi dari masyarakat. Terbukti sebanyak 36 orang mendaftarkan dirinya sebagai pendonor darah.

 

“Masyarakat terlihat sangat antusias.  Bahkan ada salah seorang pendonor yang rela menempuh jarak 15 kilometer dari kediamannya untuk sampai ke RSI Unisma. Untuk hari ini tercatat ada 36 orang yang mendaftarkan diri untuk walaupun pada akhirnya hanya 20 orang yang memenuhi syarat untuk bisa mendonorkan darahnya,” jelasnya.

 

Pria yang akrab disapa Anang itu menginginkan, kegiatan positif ini dapat digelar secara rutin agar masyarakat semakin termotivasi untuk mendonorkan darahnya.

 

“Kami berharap kegiatan donor darah seperti ini dapat terus diselenggarakan secara rutin agar masyarakat semakin teredukasi dan termotivasi untuk bergabung menjadi sukarelawan pendonor darah. Sehingga ketersediaan stok darah tetap terjaga dan terpenuhi sesuai kebutuhan,” harapnya.

 

Selain itu, ia berharap RSI Unisma dapat terus berkarya agar bermanfaat bagi berbagai kalangan.

 

“Kami juga berharap RSI Unisma dapat terus berkarya dan memberikan manfaat seluas-luasnya bagi masyarakat, bangsa, dan negara,” pungkasnya.

F1 Promosi Iklan