Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pelajar NU, Ansor, dan Banser Batu Kompak Bantu Korban Gempa

Pelajar NU, Ansor, dan Banser Batu Kompak Bantu Korban Gempa
Posko peduli bencana oleh CBP dan KPP bersama GP Ansor dan Banser Kota Batu. (Foto: NOJ/BA)
Posko peduli bencana oleh CBP dan KPP bersama GP Ansor dan Banser Kota Batu. (Foto: NOJ/BA)

Batu, NU Online Jatim

Gempabumi yang terjadi pada 10 April 2021 lalu di Kabupaten Malang masih menyisakan duka. Tercatat lebih dari seratus orang mengalami luka-luka. Sekitar 29 kecamatan melaporkan tentang terjadinya kerusakan bangunan.

 

Peristiwa ini tentu saja mengundang keprihatinan banyak pihak. Tak terkecuali Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corps Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Kota Batu.

 

Bersama dengan Gerakan Pemuda (GP) Ansor dan Barisan Ansor Serbaguna (Banser) Kota Batu, mereka mengadakan penggalangan dana untuk korban terdampak gempa sejak hari Rabu sampai Sabtu (21-24/04/21).

 

"Jadi tujuan utama kegiatan galang dana ini adalah untuk membantu kawan kita di daerah Malang, dan juga Luamajang yang tepatnya tanggal 10 April yang terdampak bencana gempa," terang Syahri selaku komandan CBP kota Batu.

 

Ia memaparkan bahwa dana ini nantinya akan disalurkan lebih fokus terhadap daerah sekitar Kabupaten Malang.

 

"Di Batu juga merasakan, tapi di daerah Lumajang dan Malang kan lebih dekat dengan sumber gempa, jadi di sana banyak rumah yang roboh. Kami membuat aksi galang dana ini untuk membantu meringankan proses pembangunan kembali rumah-rumah yang rusak itu," katanya.

 

Posko penggalangan dana terletak di depan masjid Agung An-Nur Kota Batu. Para anggota CBP KPP beserta Banser juga menyebar ke jalan sekitar untuk mengajak pengendara turut berpartisipasi dalam acara ini.

 

Syahri juga menjelaskan bahwa dalam waktu yang bisa dibilang singkat, dana yang diperoleh cukup banyak. Hal ini menandakan bahwa masyarakat juga antusias.

 

"Kalau satu hari kemarin yang saya tahu itu hampir 600.000, meskipun jangka waktunya yang sebentar mulai jam 12 siang sampai jam 9 malam. Sempat terpotong untuk tarawih juga. Alhamdulillah, jumlahnya banyak," ujarnya.

 

Tidak hanya dengan turun langsung ke jalan, DKC CBP KPP Kota Batu juga menerima donasi secara transaksi virtual. Bantuan nantinya akan disalurkan berupa uang kepada korban terdampak gempa.

 

Segala upaya ini dilakukan untuk sedikit membantu meringankan beban para korban terdampak gempa bumi di kabupaten Malang.

 

Selain itu, kolaborasi antara Banser dan CBP KPP ini juga diharapkan dapat merekatkan hubungan keduanya baik secara keorganisasian maupun personal.

 

"Harapan kami semoga hubungan CBP KPP dengan Banser bisa seperti bapak dan anak. Membimbing dan membantu perkembangan CBP KPP kedepannya," harapnya.

 

Ia mengaku bahwa CBP dan KPP di Kota Batu terbilang masih sangat muda.

 

"Saat ini kan CBP dan KPP juga masih baru terbentuk. Tapi kami berharap ke depannya di setiap PAC juga ada kader-kader sehingga jumlah CBP dan KPP juga banyak secara kuantitas," pungkasnya.

 

Penulis: Zaiya Nur Ashfiya dan Bellgis Avrianzah

 

Editor: Nur Faishal

 

F1 Promosi Iklan