• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Matraman

Pelajar NU di Pacitan Sukseskan Program IPNU-IPPNU Educare

Pelajar NU di Pacitan Sukseskan Program IPNU-IPPNU Educare
Program pendampingan belajar untuk anak-anak Desa Gembuk, Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul)
Program pendampingan belajar untuk anak-anak Desa Gembuk, Pacitan. (Foto: NOJ/Risalatul)

Pacitan, NU Online Jatim

Gemericik hujan tidak menghalangi antusias santriwan-santriwati Taman Pendidikan Al Qur'an (TPA) se-Desa Gembuk, Kecamatan Kebonagung, Pacitan untuk berpartisipasi dalam rangka penutupan program IPNU-IPPNU Educare pada Ahad (03/01/2021).

 

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Pacitan telah mengadakan kegiatan IPNU-IPPNU Educare selama satu bulan dan mengakhirinya dengan menggelar berbagai perlombaan. Tampak hadir dalam pembukaan lomba tersebut Rais Syuriah dan Pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kebonagung, Kepala Desa Gembuk, serta Dewan Koordinasi Cabang (DKC) Corps Brigade Pembangunan (CPB) Pacitan.

 

Meskipun program dari PC IPNU IPPNU Pacitan telah berakhir, namun program ini akan dilanjutkan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Kebonagung. Mengingat wilayah tersebut memiliki radius terdekat dengan lokasi bencana tanah longsor. Kegiatan ini pun mendapat sambutan yang baik dari pengurus NU dan pemerintah desa setempat. 

 

Kepala Desa Gembuk, Nugroho Eko Prabowo menyampaikan bahwa, program ini merupakan salah satu bentuk keprihatinan dan bentuk kebaktian dari pelajar NU Pacitan untuk santriwan santriwati TPA se-Desa Gembuk yang lokasinya terdampak longsor beberapa waktu lalu. Tindakan ini juga merupakan salah satu mitigasi bencana dan upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah.

 

"Kegiatan yang merupakan bakti santri selama satu bulan telah dilaksanakan. Kami melakukan kegiatan ini sebagai upaya mitigasi bencana. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ada," katanya.

 

Atas nama pemerintah desa dirinya sangat mengapresiasi program ini, terlebih ke depan akan berjalan secara kontinu.

 

"Terima kasih kepada IPNU IPPNU yang telah membantu saya untuk mendampingi anak-anak secara intensif selama satu bulan. Dan saya sangat bersyukur karena kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini," terangnya.

 

Dirinya berharap dengan adanya program ini nantinya dapat melahirkan generasi Qur'ani. Karena kerja sama dan bantuan dari berbagai pihak, Desa Gembuk dapat menjadi desa yang religius.

 

"Kami harapkan anak-anak Desa Gembuk dapat menjadi generasi Qur'ani. Sehingga, nanti Desa Gembuk menjadi desa yang religius," harapnya.

 

Pengurus MWCNU Kecamatan Kebonagung, Mukodi juga sangat mengapresiasi kepedulian IPNU-IPPNU di sektor pendidikan. Dia juga berharap sebagai badan otonom (Banom) termuda NU nantinya IPNU-IPPNU dapat menjalin kerjasama dengan Banom NU yang lain.

 

"Terima kasih kepada banom termuda NU untuk mengatasi masalah pendidikan utamanya kegiatan trauma healing. Kami berharap nanti IPNU-IPPNU bisa bekerja sama dengan banom-banom NU yang lain seperti Fatayat NU ataupun Muslimat NU," ujarnya.

 

 

Penulis: Risalatul Mu'awanah

Editor: Risma Savhira


Matraman Terbaru