• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Matraman

Pelajar NU Harus Jadi Garda Terdepan Penjaga Aswaja dan NKRI

Pelajar NU Harus Jadi Garda Terdepan Penjaga Aswaja dan NKRI
Suasana pelantikan PK IPNU-IPPNU SMK Roda, Magetan. (Foto: NOJ/Pan)
Suasana pelantikan PK IPNU-IPPNU SMK Roda, Magetan. (Foto: NOJ/Pan)

Magetan, NU Online Jatim

Tugas mulia diemban pelajar NU yang terhimpun dalam Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Yakni harus menjadi garda terdepan penjaga keutuhan Ahlussunnah Wal Jama’ah dan menjaga keutuhan Negera Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

Hal ini disampaikan Triyas  Fatmawati selaku Wakil Kepala SMK Roudlotul Huda (Roda) Magetan saat Upacara pelantikan Pimpinan Komisariat (PK) IPNU dan IPPNU SMK Roda Magetan masa khidmat 2020 hingga 2021, Senin (7/9/2020).

 

“Pelajar NU, harus betul-betul fokus belajar dan belajar agar dapat menjadi pemimpin di masa yang akan datang,” katanya.

 

Lebih lanjut, Triyas mengimbau kepada seluruh siswa SMK Roda Magetan, yang secara otomatis menjadi anggota IPNU dan IPPNU untuk selalu disiplin dalam segala hal. Karena itu penting untuk mencetak perilaku dan akhlak yang baik. Akhlakul karimah  atau etika itu di atas segala-galanya dan harus dijunjung tinggi karena itu adalah kunci.

 

“Pelajar NU, khususnya siswa-siswi SMK Roda Magetan harus mampu menjadi agen NU yang rahmatan lil aalamin dan bisa mewarnai Magetan,” ungkapnya.

 

Sementara itu, Yudi Destrianto selaku Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Magetan seusai melantik menjelaskan, sebagai anggota IPNU-IPPNU, belajar adalah motto yang tidak boleh ditinggalkan, termasuk juga berjuang dan bertakwa. Sehingga para anggotanya mampu mewarnai ke-NU-an di lingkungan sekolah. 

 

“Pendirian komisariat di sekolah maupun madrasah merupakan amanat Kongres tahun 2013 lalu. Bahwa IPNU-IPPNU ingin lebih mengenalkan NU di lingkungan sekolah maupun madrasah,” ujarnya.

 

Untuk itu, lanjutnya, perlu dibentuk kader militan. Caranya dengan mengikuti pengkaderan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta), karena di dalamnya diisi materi agar mengenal dunia IPNU-IPPNU, mulai dari keorganisasian, keadministrasian hingga kepemimpinan.  

 

Seperti diketahui, SMK Roda Magetan, adalah sekolah berbasis Ahlussunnah Wal jama’ah, yang mewajibkan seluruh siswa dan pengurus Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) menjadi anggota IPNU-IPPNU. Seluruh pengurus OSIS diwajibkan mengikuti Makesta dan selanjutnya dilantik sebagai pimpinan komisariat.

 

Pelantikan PK SMK Roda Magetan, dimulai pukul 07.00, dilaksanakan di Komplek Pondok Pesantren Roudhotul Huda yang terletak di Desa Kedungpanji yang merupakan zona hijau. Acara ini dihadiri keluarga besar SMK Roda Magetan dan IPNU IPPNU baik dari PC maupun Pimpinan Anak Cabang (PAC) Lembeyan. 

 

PK IPNU SMK Roda Magetan masa khidmat 2020 hingga 2021, dinakhodai Bima Hunawan Adha dengan 18 anggota IPNU lainnya, dan  dilantik oleh Yudi Destrianto selaku Ketua PC IPNU Magetan.

 

PK IPPNU SMK Roda yang dinakhodai Rekanita Muya Sarotul Karimah beserta 28 anggota IPPNU lainnya, dilantik oleh Umil Qoni'atul Hasanah selaku Ketua PC IPPNU Magetan.

 

Acara yang dikemas dengan upacara Senin ini berlangsung khidmah. PK IPNU IPPNU SMK Roda Magetan mengucapkan ikrar dengan penuh semangat dan menggema di seluruh lapangan. 

 

Usai pelantikan, dilanjutkan tahlilan di makam almagfurlah KH Suryani Maulana Chusein, Pengasuh Pondok Pesantren Roudlotul Huda sekaligus Syuriah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Magetan.

 

“Saya pastikan SMK Roda Magetan akan selalu mendukung penuh seluruh kegiatan PK IPNU IPPNU SMK Roudhotul Huda ini," pungkas Triyas Rahmawati di akhir acara.

 

Editor: Ayun


Editor:

Matraman Terbaru