Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pelajar NU Pasuruan-Jember Galang Dana untuk Pengungsi Korban Erupsi Semeru

Pelajar NU Pasuruan-Jember Galang Dana untuk Pengungsi Korban Erupsi Semeru
Kader IPNU Pasuruan saat melakukan penggalangan dana, Ahad (06/12/2020). (Foto: NOJ/ Wahyuni).
Kader IPNU Pasuruan saat melakukan penggalangan dana, Ahad (06/12/2020). (Foto: NOJ/ Wahyuni).

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Pasuruan melalui Dewan Koordinator Cabang (DKC) Corp Brigade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) melakukan penggalangan dana untuk pengungsi akibat erupsi gunung semeru. Kegiatan ini dilaksanakan di tiga titik, yakni perempatan Kebonagung, pertigaan Purwosari, dan pasar Paserepan, Ahad (06/12/20).

 

“Sebagai bentuk kepedulian kepada saudara kita yang sedang ditimpa musibah akibat erupsi gunung semeru CBP-KPP Kabupaten Pasuruan turun ke jalan untuk melakukan penggalangan dana,” kata Ketua PC IPNU Kabupaten Pasuruan, Imam Subondo.

 

Warga yang melintas cukup antusias dan mengapresiasi penggalangan dana yang dilakukan CBP-KPP Kabupaten Pasuruan. Adapun dana yang terkumpul dari titik pertama yaitu Rp 1.691.000, untuk di perempatan Kebonagung Rp 2.588.900, dan ketiga di Pasar Paserepan mendapatkan donasi Rp. 1.710.200.

 

"Meskipun sedikit semoga bantuan dari warga pasuruan bisa meringankan beban korban bencana (pengungsi akibat erupsi gunung semeru) disana," lanjutnya. 

 

Adapun seluruh uang yang terkumpul akan dikirim ke korban bencana serupsi Gunung Semeru melalui Lembaga Amil Zakat Infak Sedekah (LAZISNU) Kabupaten Pasuruan. Selanjutnya akan dikoordinasikan dengan LAZISNU PWNU Jatim.

 

Sementara itu, di hari yang sama DKC CBP dan KPP Jember juga melakukan penggalangan dana di beberapa titik strategis. "Acara turun aksi penggalangan dana ini kami lakukan tak lain adalah untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru. Sebab sampai ini masih terus mengeluarkan abu vulkanik," kata Ketua CBP Jember, Rifki Maulana.

 

Dalam aksi penggalangan dana ini, DCP KPP Jember mengajak pengendara yang sedang berlalu lintas dan segenap warga yang sedang berbelanja di pasar untuk berdonasi. Selain itu DKC CBP KPP Jember juga menginstruksikan kepada seluruh Pimpinan IPNU-IPPNU Jember.

 

"Aksi penggalan dana ini juga kami instruksikan kepada seluruh pimpinan IPNU Jember, yang mana hasilnya nanti dikumpulkan menjadi satu dan nanti akan kami teruskan untuk pembelian keperluan apa saja yang dibutuhkan disana (korbn)," ungkap Rifki.

 

 

Selain turun aksi untuk penggalangan danan, CBP KPP Jember  juga akan mengutus kader untuk terjun langsung ke lokasi bencana guna meninjau secara langsung keadaan.

 

"Setelah acara  turun aksi penggalangan dana ini selesai, kami juga akan mengutus kader CBP KPP untuk terjun langsung ke lokasi bencana alam guna memberikan bantuan secara langsung serta untuk ikut serta meninjau bagaimana keadaan terkini di wilayah terdampak bencana tersebut," pungkasnya.

 

Penulis: Muhammad Sirojuddin/ Wahyuni/ Muhammad Haris

Editor: Romza

Iklan promosi NU Online Jatim