Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pelajar NU Ponorogo Dibekali Pengetahuan tentang Jurnalistik

Pelajar NU Ponorogo Dibekali Pengetahuan tentang Jurnalistik
Pelatihan jurnalistik yang diadakan PC IPNU-IPPNU Ponorogo, Ahad (21/02/2021). (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah).
Pelatihan jurnalistik yang diadakan PC IPNU-IPPNU Ponorogo, Ahad (21/02/2021). (Foto: NOJ/ Husnul Khotimah).

Ponorogo,  NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatu Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Ponorogo menggelar pelatihan jurnalistik, Ahad (21/02/2021). Kegiatan dalam rangka menyambut Haril Lahir (Harlah) IPNU ke 67 dan IPPNU ke 66 ini  dikemas dengan nama "Visual Benua". Artinya penggambaran aktivitas isi dunia yang disampaikan melalui tulisan,  gambar dan desain.

 

Acara ini diikuti oleh 40 peserta dari delegasi masing-masing pimpinan seluruh kecamatan  di Ponorogo. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Lembaga Pendidikan (LP)  Ma'arif NU Ponorogo ini mengambil tema "Sinergitas Media Pelajar di Era Pandemi".

 

Kegiatan ini merupakan progam kerja dari lembaga Media Center Pelajar Nahdlatul Ulama (MCP NU) Ponorogo. Yakni lembaga yang berada di naungan PC IPNU IPPNU Ponorogo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan penulisan jurnalistik kepada pelajar IPNU-IPPNU.

 

Acara ini diisi oleh narasumber dari Pemimpin Redaksi (Pemred) NU Online Jawa Timur, Syaifullah yang memaparkan materi tentang dasar- dasar jurnalistik dan managemen media. Narasumber kedua yakni Rifqy Munirul Aziza selaku crew Media Center Pelajar (MCP NU) Ponorogo yang menjabarkan materi tentang dasar-dasar fotografi, serta ihsan imtihani putra selaku moderator.

 

"Dalam rangka menyongsong Harlah IPNU-IPPNU yang akan datang, nanti akan beragam kegiatan dari masing masing pimpinan,  oleh karena itu nanti diharapkan setelah ada kegiatan ini rekan dan rekanita dapat  mengemas kegiatan menjadi menarik di media sosial setelah mengikuti pelatihan jurnalistik ini," ungkap Triono selaku Koordinator MCP NU Ponorogo dalam sambutannya.

 

Ia menjelaskan, MCP NU merupakah lembaga yang mewadahi segala informasi kegiatan dan partisipasi pelajar terhadap organisasi.

 

 

“Pada periode kepengurusan sebelumnya lembaga ini hanya berada di wilayah  pimpinan cabang saja,  tetapi pada periode kepengurusan ini diharapkan setiap pimpinan anak cabang memiliki lembaga MCP NU di masing masing kecamatan. Media merupakan hal yang utama di setiap kalangan,  bukan hanya untuk eksistensi kegiatan saja namun lebih pada mengembangkan keterampilan pelajar dalam menulis," kata Siti Muniffatul Fauziyah, Ketua PC IPPNU Ponorogo.

 

Penulis: Husnul Khotimah

Editor: Romza

PWNU Jatim