• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 26 April 2024

Metropolis

Pemerintah Harus Hadir di Pesantren Kala Pemberlakuan New Normal

Pemerintah Harus Hadir di Pesantren Kala Pemberlakuan New Normal
Diskusi Ketua dan pengurus PC GP Ansor Gresik bersama KH Abd Muhshi. (Foto: NOJ/Syafik Hoo)
Diskusi Ketua dan pengurus PC GP Ansor Gresik bersama KH Abd Muhshi. (Foto: NOJ/Syafik Hoo)

Gresik, NU Online Jatim
Bulan Syawal menjadi kesempatan meningkatkan ibadah, semangat perjuangan, dan mengabdi setelah ditempa satu bulan beribadah di bulan suci Ramadhan. 

 

Hal ini menjadi inspirasi bagi Ketua Pimpinan Cabang (PC) Geratakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Gresik, Agus Junaidi Hamzah. Yakni dengan menggelar turun ke bawah silaturahim dan konsolidasi ke pesantren dan kiyai se-Kabupaten Gresik. 

 

“Kegiatan ini bertujuan sharing dan diskusi dengan pengasuh pesantren terkait isu yang menjadi hot di media massa atau kebijakan pemerintah,” katanya, Ahad (31/5). Di antara yang dibahas adalah new normal bagi pesantren hingga pemilihan kepala daerah di Gresik, lanjutnya.

 

Terkait new normal di pesantren, pemerintah harus hadir dan mengawal sampai tuntas untuk menjamin kenyamanan santri dalam rangka thalabul ilmi baik teknis maupun biaya fasilitas.

 

"Jangan sampai pemerintah hanya butuh pesantren ketika dibutuhkan dan dalam keadaan new normal di tengah pandemi Covid-19 ternyata tidak hadir,” tegas Agus. 

 

Terkait Pilkada Gresik, Agus berharap ada pendidikan pemilu dan demokrasi yang baik dalam rangka pemberdayaan masyarakat untuk pemilu yang berkualitas. Dan Ansor harus solid dan punya peranan.

 

Sejumlah hal tersebut mengemukan saat silaturahim dengan KH Abd Muhshi selaku Pengasuh Pesantren Al-Karimi Tebuwung, Dukun, Gresik.

 

Secara khusus, Kiai Muhshi mengatakan, peran Ansor Gresik selama ini terus menunjukkan dinamika dan selalu eksis  dalam mengawal NU dan Ansor sendiri.

 

"Ansor harus bisa memainkan peran di Gresik karena pemuda lah yang bisa mewarnai dan menjadi estafet kepemimpinan selanjutnya,” tegasnya.

 

Kontributor: Syafik Hoo
Editor: Syaifullah
 


Editor:

Metropolis Terbaru