Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pemerintah Harus Sosialisasikan Vaksin Covid-19 kepada Masyarakat

Pemerintah Harus Sosialisasikan Vaksin Covid-19 kepada Masyarakat
Vaksin Covid-19. (Foto: NOJ/pr)
Vaksin Covid-19. (Foto: NOJ/pr)

Surabaya, NU Online Jatim
Berbagai kabar miring datang seiring adanya program vaksinasi Covid-19 di Indonesia. Ulah oknum tidak bertanggung jawab ini pun membuat masyarakat bimbang dan resah. Merespons hal itu, Anggota Komisi E DPRD Jawa Timur, Nurfitriana Busyro mengimbau agar masyarakat tidak percaya dengan kabar hoaks terkait Covid-19.

 

“Banyak masyarakat yang masih ragu dan takut dengan adanya vaksin Covid-19. Oleh karena itu, jangan percaya dengan kabar hoaks yang beredar,” katanya, Sabtu (16/01/2021).

 

Dirinya bercerita, bahkan sejumlah wali santri hendak menjemput putra-putrinya karena takut divaksin. Hal ini terjadi di salah satu pesantren di Sumenep.

 

“Semua itu akibat banyaknya informasi yang tidak valid tentang vaksin Covid-19. Maka, masyarakat harus bijaksana dan selektif dalam menerima informasi terkait vaksin,” ujar istri Bupati Sumenep itu.

 

Politisi asal Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) ini juga mengungkapkan, bahwa tahapan penerima vaksin tidak langsung menyasar masyarakat luas. 

 

“Masyarakat perlu mengetahui tahapan penerima vaksin dimulai dari pemerintahan, tenaga kesehatan, dan TNI-Polri. Jadi tidak langsung ke masyarakat luas,” ungkapnya.

 

Ia menegaskan, jika vaksin Covid-19 terbukti aman. Hal itu dapat dibuktikan oleh Presiden Joko Widodo yang telah menerima vaksin.  Juga fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang menyatakan bahwa vaksin halal turut memperkuat bukti tersebut.

 

“Kemarin Presiden Joko Widodo dan sejumlah kalangan telah disuntik vaksin. Jadi tidak mungkin negara ini mau menyengsarakan masyarakatnya. Apalagi MUI sudah memberikan keputusan bahwa vaksin Sinovac terbukti halal,” tegasnya.

 

Perempuan yang akrab disapa Ning Fitri ini berpesan, agar pemerintah memberikan sosialisasi secara masif mulai dari pusat hingga daerah agar tidak ada lagi kesalah pahaman terkait vaksin.

 

“Pemerintah harus memberikan edukasi sejelas-jelasnya kepada masyarakat untuk meluruskan kabar hoaks yang beredar. Hal ini bertujuan agar masyarakat benar-benar yakin dan mendukung program vaksinasi, serta untuk kehidupan normal seperti sedia kala,” jelasnya.

 

Ning Fitri berharap, masyarakat bisa tenang dan mendukung program strategis pemerintah.

 

“Kami berharap masyarakat bisa tenang dan memahami bahwa vaksinasi Covid-19 adalah langkah pemerintah untuk memutus mata rantai pandemi ini,” harap Ketua Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Sumenep itu.

 

 

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim