• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Metropolis

Pemilihan Duta Santri Sidoarjo, Panitia Hadirkan Artis Bekali Peserta

Pemilihan Duta Santri Sidoarjo, Panitia Hadirkan Artis Bekali Peserta
Arzetti Bilbina saat memberikan pembekalan kepada peserta seleksi Duta Santri di kantor PCNU Sidoarjo, Ahad (25/10/2020). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).
Arzetti Bilbina saat memberikan pembekalan kepada peserta seleksi Duta Santri di kantor PCNU Sidoarjo, Ahad (25/10/2020). (Foto: NOJ/ Yuli Riyanto).

Sidoarjo, NU Online Jatim

Panitia pemilihan Duta Santri Sidoarjo hari ini menggelar test tulis bagi peserta yang telah lulus seleksi administrasi. Pelaksanaan test tulis dipusatkan di aula kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Sidoarjo, Ahad (25/10/2020).

 

Kegiatan ini diikuti oleh 34 orang peserta, terdiri dari 17 orang laki-laki dan 17 orang perempuan yang berasal dari 18 kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.

 

Dalam pelaksanaan kali ini, panitia menghadirkan Arzetti Bilbina sebagai pemateri sekaligus dewan juri pemilihan Duta Santri Sidoarjo. Dalam kesempatan tersebut, Arzetti Bilbina memberikan pembekalan berupa materi kepribadian dan cat walk.

 

“Santri adalah panutan dan juga publik figur,  santri harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Selain itu, Santri juga harus mumpuni dalam berbagai bidang, seperti fashion, digital, dan keilmuan lainnya yang sesuai dengan akidah,” papar artis nasional yang juga anggota DPR RI tersebut..

 

Sementara itu, ketua Panitia Peringatan Hari Santri 2020, M Roni Yudianto kepada NU Online Jatim menjelaskan, bahwa pemilihan Duta Santri Sidoarjo tersebut adalah merupakan rangkaian peringatan Hari Santri 2020.

 

“Hari ini dilaksanakan test tulis bagi para calon Duta Santri Sidoarjo, dengan materi test tulis meliputi pengetahuan tentang NU, Aswaja, kebangsaan, ilmu kepesantrenan, serta tentang potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Sidoarjo,” jelas Roni.

 

Lebih lanjut, Roni menerangkan, pada saat test administrasi, peserta diwajibkan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan oleh panitia. Diantaranya, peserta harus seorang santri yang berasal dari kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo.

 

“Berusia 17-25 tahun yang dibuktikan dengan foto copy KTP atau KTA atau bisa pula kartu santri, berpenampilan menarik, berwawasan luas, berbakat dan berakhlah baik. Peserta juga wajib mengisi formulir pendaftaran dan mengirimkan jenis bakat yang akan ditampilkan pada malam final,” terangnya.

 

Wakil Ketua Bidang Perekonomian Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor tersebut mengemukakan bahwa panitia telah menyediakan hadiah puluhan juta rupiah dan trophy bagi para juaranya. Ia juga mohon doa restu agar acara pemilihan Duta Santri berjalan lancar hingga final.

 

Adapun pengumuman juara akan disampaikan pada puncak peringatan Hari Santri di Pendopo Delta Wibawa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo, Sabtu (31/10/2020) malam.

 

“Para pemenang Duta Santri nantinya harus bisa menjadi representatif Santri secara keseluruhan, mampu menyuarakan kepentingan santri, dan mampu merepresentatifkan perilaku santri dalam kehidupan sehari-hari. Karena para Pemenang  akan menjadi publik figur dikalangan santri,” tutupnya.

 


 

Ketua PC GP Ansor Sidoarjo, H Rizza Ali Faizin, yang juga sebagai panitia peringatan Hari Santri 2020, berharap Duta Santri Sidoarjo kedepan mampu bersaing dengan siapapun dan dimanapun.

 

“Kami berharap dari test tulis kebangsaan hari ini, santri selain mendalami dan memahami ilmu agama juga dituntut agar mampu memiliki wawasan kebangsaan yang luas. Ilmu umum dan sosial juga harus dimiliki oleh seorang santri, sehingga Duta Santri Sidoarjo kedepan mampu bersaing dengan siapapun dan dimanapun,” harapnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Metropolis Terbaru