• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Tapal Kuda

Pemkab Bondowoso Ajak Tokoh Agama Cegah Penyebaran Covid-19

Pemkab Bondowoso Ajak Tokoh Agama Cegah Penyebaran Covid-19
Suasana diskusi peningkatan peran tokoh agama dalam pencegahan virus Corona. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi)
Suasana diskusi peningkatan peran tokoh agama dalam pencegahan virus Corona. (Foto: NOJ/Ade Nurwahyudi)

Bondowoso, NU Online Jatim

Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) yang terdiri dari berbagai pemuka agama di Kabupaten Bondowoso berkomitmen mendukung pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19.

 

Karenanya, FKUB  setempat menggelar diskusi tentang peningkatan peran dalam menjaga kerukunan umat beragama di tengah adaptasi kebiasaan baru. Acara dipusatkan di Wisma Wakil Bupati Bondowoso, Sabtu (25/9/2020).

 

Kegiatan dihadiri Irwan Bachtiar Rahmat selaku wakil bupati, termasuk berbagai pemuka agama, penyuluh agama dan kementerian agama.

 

Ketua FKUB Bondowoso, KH Syaiful Haq menjelaskan kegiatan dalam rangka memantapkan solidaritas antarpemuka agama. Hal itu untuk membantu pemerintah daerah dalam mencegah penularan Covid-19.

 

"Terutama tokoh lintas agama, bisa mengedukasi masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan di tengah pandemi ini," katanya.

 

Menurut padanganya, tokoh agama bisa mengedukasi masyarakat dalam berbagai kegiatan keagamaan dan virus Vcorona ini betul ada dan sangat berbahaya.

 

 "Edukasi bisa dilakukan ketika shalat jamaah, aneka kegiatan sebagainya, bisa di masjid dan di rumah ibadah yang lain," ucapnya.

 

Sementara itu, Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar Rahmat sangat mengapresiasi upaya FKUB untuk membantu Pemkab dalam mencegah penularan Covid-19.

 

"Dalam melakukan edukasi, pemuka agama tetap mengacu pada Perbup nomor 50 tahun 2020," katanya. Oleh sebab itu, bagaimana mengedukasi masyarakat, agar menunda kegiatan yang menyebabkan kerumunan massa. Seperti pengajian umum dan sebagainya, lanjutnya.

 

Dirinya mengajak semua kalangan bekerja sama untuk mencegah penyebaran virus Corona. Dan peran FKUB Kabupaten Bondowoso bersama penyuluh agama akan mampu menyadarkan masyarakat dalam mematuhi protokol Covid-19.

 

Editor: Syaifullah


Editor:

Tapal Kuda Terbaru