• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Pemerintahan

Pemkab Pamekasan dan Fatayat NU Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis

Pemkab Pamekasan dan Fatayat NU Gelar Operasi Bibir Sumbing Gratis
Bupati Pamekasan saat gelaran bakti sosial operasi bibir sumbing. (Foto: NOJ/istimewa)
Bupati Pamekasan saat gelaran bakti sosial operasi bibir sumbing. (Foto: NOJ/istimewa)

Pamekasan, NU Online Jatim

Fatayat NU Pamekasan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan dan Yayasan Dewi Kasih menggelar bakti sosial operasi bibir sumbing gratis bagi warga miskin dan kurang mampu yang terdampak COVID-19 di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr H Slamet Martodirdjo Pamekasan, Jumat (28/05/2021).

 

"Kegiatan ini terselenggara berkat kerja sama antara Pemkab Pamekasan dengan Fatayat dan Yayasan Dewi Kasih," kata Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam saat meninjau kegiatan tersebut.

 

Bantuan operasi bibir sumbing yang dicanangkan Pemkab Pamekasan melalui Dinas Kesehatan setempat pada Jumat (28/05/2021) itu merupakan gelombang kedua pasca lebaran.

 

Sebelumnya pada 25 Mei 2021, operasi bibir sumbing juga digelar berkat kerja sama antara komunitas Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) bersama salah satu rumah sakit swasta di Surabaya.

 

"Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Pemkab Pamekasan sangat terbatas. Maka, upaya yang kami lakukan untuk bisa membantu warga miskin dan kurang mampu yang terdampak Covid-19 di bidang kesehatan ini, dengan cara bekerja sama. Alhamdulillah ada yang merespons keinginan baik Pemkab Pamekasan ini, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik," ungkap Bupati Pamekasan.

 

Sasaran warga yang menjadi peserta operasi bibir sumbing itu sebanyak sembilan orang. Mereka bukan hanya warga Pamekasan, akan tetapi juga dari kabupaten lain, seperti Sampang. 

 

Salah satunya, seperti yang disampaikan Wahida. Ibu muda warga asal Kecamatan Omben, Kabupaten Sampang itu mengaku sangat senang dan menyampaikan ucapan terima kasih langsung kepada Bupati Baddrut Tamam, karena bisa mendapatkan bantuan operasi dari Pemkab Pamekasan.

 

Sambil menggendong anaknya yang menangis, wanita berkulit putih itu mengaku anaknya bisa dioperasi berkat bantuan pendampingan dari organisasi Fatayat NU Pamekasan.

 

"Terima kasih banget sama Pak Bupati beserta keluarganya dan dokter di Pamekasan semuanya. Atas karunia ini saya ucapkan terima kasih," ucap Wahida dengan nada terharu.

 

Dalam kegiatan tersebut, ada sembilan anak yang mendapat bantuan sesuai dengan jumlah pendaftar ke panitia penyelenggara. Selain membantu operasi bibir sumbing, Pemkab Pamekasan juga menyerahkan bingkisan kepada para peserta.


Pemerintahan Terbaru