• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 29 Maret 2024

Pemerintahan

Pemkab Pamekasan Dirikan Taman Literasi, Berikut Respon Masyarakat

Pemkab Pamekasan Dirikan Taman Literasi, Berikut Respon Masyarakat
Bupati Ra Baddrut bersama masyarakat di Taman Mandhapa Literasi Kowel Pamekasan
Bupati Ra Baddrut bersama masyarakat di Taman Mandhapa Literasi Kowel Pamekasan

Pamekasan, NU Online Jatim
Kembangkan Literasi di Kabupaten Pamekasan Madura menjadi komitmet Bupati Pamekasan. Hal itu mendapatkan apresiasi masyarakat dan sejumlah pegiat literasi. Salah satunya, Kelompok Swadaya Sasyarakat (KSM) Taman Asri Kowel Kecamatan Pamekasan.

 

Masyarakat di Kelurahan Kowel itu mendirikan taman baca yang terletak di lokasi Taman Asri Kowel dengan nama Mandhapa Literasi. Pengunjung bisa membaca buku sambil bersantai ria di taman secara gratis. Bahkan, pihak pengelola berencana untuk menyediakan fasilitas Wifi agar pengunjung bisa mengakses literatur-literatur online.

 

Bupati Pamekasan, Baddrut Tamam, mengatakan pihaknya mengapresiasi semangat masyarakat yang ingin bersama-sama berjuang memajukan Pamekasan dengan mendirikan fasilitas membaca sebagai upaya mendukung pemerintah daerah menjadikan kabupaten literasi.

 

Mantan Anggota DPRD Jawa Timur dua periode ini berjanji akan memberikan fasilitas tambahan berupa Wifi di daerah tersebut. Wifi itu tidak akan diberikan secara cuma-cuma kepada pengunjung, melainkan ada syarat yang harus dipenuhi, misalnya harus tahu lagu Indonesia Raya, Padamu Negeri, dan lagu kebangsaan lainnya atau syarat lain yang mengedukasi masyarakat.

 

“Fasilitas itu nantinya perlu ditambahkan lagi. Misalnya disamping membaca buku, juga bisa membaca referensi yang online,” kata Ra Baddrut, Bupati Pamekasan saat berkunjung ke Taman Mandhapa Literasi Asri Kowel ini.

 

Di tempat yang sama M Ali Wahdi Ketua KSM Taman Asri Kowel mengatakan Mandhapa Literasi ini akan menjadi fasilitas taman dan akan menjadi pusat kegiatan edukasi bagi para pengunjung. Kami memiliki beberapa literatur yang bisa dibaca oleh para pengunjung, mulai dari agama, sosial-budaya, ekonomi dan beberapa literatur tentang resep membuat obat tradisional dan lain-lan.

 

Ali Wahdi mengatakan pihaknya terketuk hati untuk mendirikan fasilitas membaca, pemerintah daerah mempunyai niat besar menjadikan Kabupaten Pamekasan mampu berdaya saing dengan kabupaten maju lain di masa yang akan datang.

 

“Karena investasi sumber daya manusia (SDM) sangat menunjang dalam kemajuan sebuah daerah. Apalagi, zaman akan terus berkembang, sehingga masyarakatnya harus melek ilmu pengetahun, informasi dan digitalisasi,” lanjutnya.

 

Taman Literasi ini terus berbenah dan berinovasi, ke depan pemerintah merencanakan akan menyiapkan WiFi untuk para pengunjung yang ingin belajar kelompok atau kegiatan edukasi di tempat ini.

 

Alumnus Universitas Islam Madura ini menambahkan, pihaknya terlebih dahulu meminta pendapat dari berbagai elemen masyarakat dan stake holder lain dalam mendirikan perpustakaan mini yang diberi nama Mandhapa Literasi tersebut. Mengingat banyak sekali pelajar dan mahasiswa belajar kelompok serta diskusi di area taman yang perlu mendapat fasilitas.

 

“Makanya kami berinisiatif untuk mendirikan ruang baca, apalagi pemkab sedang gencar-gencarnya menjadikan kabupaten ini sebagai kabupaten literasi,” pungkas M Ali Wahdi.


Pemerintahan Terbaru