Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Penggalangan Dana Bencana Unusida Hasilkan Belasan Juta Rupiah

Penggalangan Dana Bencana Unusida Hasilkan Belasan Juta Rupiah
Penggalangan donasi untuk korban bencana oleh mahasiswa Unusida. (Foto: NOJ/Rachmad Salam)
Penggalangan donasi untuk korban bencana oleh mahasiswa Unusida. (Foto: NOJ/Rachmad Salam)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Beberapa waktu lalu, sejumlah elemen masyarakat dan organisasi bahkan komunitas di Kabupaten Sidoarjo menggelar aksi kemanusiaan. Hal tersebut sebagai keterpanggilan untuk meringankan penderitaan warga terdampak musibah di Jawa Timur.

 

Seakan tidak ingin berpangku tangan, mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) turut serta mengajak masyarakat memberikan donasi kepada mereka yang tertimpa bencana alam.

 

Penggalangan dana dengan tema ‘Unusida Berkhidmat Jawa Timur Kuat’ kali ini dilaksanakan seluruh organisasi mahasiswa (Ormawa) dan Unit Kreatif Mahasiswa (UKM) kampus setempat. Mereka turut mewarnai aksi dengan mendistribusikan elemen Ormawa di 14 kecamatan se-Sidoarjo. Aksi dipusatkan di perempatan lampu merah alun-alun kabupaten setempat, Senin (15/02/2021).

 

"Sebagai harapan kami, bahwa warga Jatim tetap optimis dan bangkit dari keterpurukan dengan dua kondisi yang saat ini terjadi. Pertama mengenai dampak virus Covid-19 dan silih bergantinya bencana alam," kata Tita Lailatun Nisa.

 

Koordinator aksi ini menjelaskan bahwa penggalangan dana disiapkan sejak tiga hari lalu dan akhirnya dapat terealisasi. Demikian pula aksi sudah dikonfirmasikan ke pihak kepolisian setempat untuk menjaga ketertiban lalu lintas dan keamanan saat penggalangan.

 

"Aksi kali ini kita dikawal penuh oleh pihak kepolisian dan mengimbau tetap menjaga protokol kesehatan," jelasnya.

 

Presiden Mahasiswa Unusida tersebut menjelaskan bahwa pihaknya juga membuka donasi melalui sarana online. Yang dapat diberikan bisa berupa uang, bahan pokok, makanan ringan, obat-obatan dan beberapa peralatan bayi. Termasuk baju layak pakai dan bentuk apapun yang saat ini dibutuhkan korban bencana.

 

"Alhamdlillah hasil penggalan kali ini diluar ekspektasi dengan total  Rp13.478.500 dan ini masih perolehan sementara," terang Tita ke NU Online Jatim.

 

Hasib Hizbullah selaku Sekretaris Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shodaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Sidoarjo juga mengapresiasi kiprah yang dilakukan mahasiswa.

 

“Kami mengapresiasi aksi yang dilakukan mahasiswa Unusida dan mudah-mudahan bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi warga terdampak bencana,” harapnya.

 

Dirinya juga menggandeng beberapa elemen masyarakat, mahasiswa dan badan otonom NU di Sidoarjo untuk mengoptimalkan aksi kemanusiaan ini.

 

Penulis:Rachmad Salam 

Iklan promosi NU Online Jatim