Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Penghujung Ramadlan, Aktivis IPNU-IPPNU di Madiun Gelar Ziarah Makam

Penghujung Ramadlan, Aktivis IPNU-IPPNU di Madiun Gelar Ziarah Makam
Ziarah makam oleh aktivis IPNU-IPPNU Pilangkenceng, Madiun. (Foto: NOJ/Mirna NA)
Ziarah makam oleh aktivis IPNU-IPPNU Pilangkenceng, Madiun. (Foto: NOJ/Mirna NA)

Madiun, NU Online Jatim

Berbagai kegiatan dilaksanakan umat muslim untuk memuliakan bulan Ramadlan yang penuh berkah. Dari mulai kegiatan ibadah mahdlah seperti shalat tarawih, membaca Al-Qur’an, dzikir dan sejenisnya. Demikian pula kegiatan sosial dengan berbagi takjil, sedekah dan lainnya.

 

Cara berbeda dilakukan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Pilangkenceng Kabupaten Madiun. Berbagai program kegiatan dilaksanakan di antaranya kajian kitab kuning, tadarus, ziarah kubur dan shalat tarawih serta buka bersama.

 

Pada malam ke 29 Ramadlan 1442 H yang bertepatan dengan Senin (10/05/2021), mereka melaksanakan ziarah ke makam para sesepuh NU di kawasan setempat.

 

"Agar semua kader atau pengurus tahu para sesepuh NU yang telah meninggal dan mengerti perjuangan besar untuk memperjuangkan NU di Pilangkenceng khususnya," kata Wahyu Maulana Effendi Ketua PAC IPNU Kecamatan Pilangkenceng.

 

Disampaikannya bahwa dengan berziarah ke  sejumlah makam diharapkan dapat menjadi pengingat bahwa setiap yang bernyawa pasti akan mati.

 

“Maka tidak patut bagi manusia memiliki sifat sombong, terlebih berziarah ke makam sesepuh merupakan penghormatan kepada tokoh yang telah berjuang untuk NU. Dengan ziarah makam dapat menumbuhkan sikap rendah hati, tawadlu dan juga sikap sopan santun, " ujarnya.

 

Kegiatan diikuti alumni serta sejumlah pengurus. Abdul Halim selaku alumni dan Ahmad Jauhari sebagai Wakil Ketua PAC IPNU Kecamatan Pilangkenceng bertugas memimpin ziarah makam tersebut. Pada setiap makam, para jamaah ziarah diajak membaca tahlil dan juga nyekar dengan tabur bunga.

 

Ziarah makam merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap akhir Ramadlan dan termasuk program kerja. Juga bertujuan mengenalkan tokoh NU, serta mengenang perjuangan jamiyah di kawasan setempat

 

Sedangkan makam yang dituju adalah Moh Agus Syarifudin Desa Luworo, Kiai Hasyim Mustofa Desa Gandul, Kiai Masyhuri Desa Kenongorejo, Kiai Mohammad Badrun Rofi'i Desa Kenongorejo, Kiai Mughni Desa Sumbergandu, Kiai Abdul Jabbar Klencongan serta Ki Ageng Anom Besari Desa Kuncen.

 

 

Editor: Syaifullah

 


Editor:
F1 Bank Jatim