Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pengurus NU Hendaknya Jadi Uswah bagi Lingkungan Sekitar

Pengurus NU Hendaknya Jadi Uswah bagi Lingkungan Sekitar
Sejumlah kalimat inspirasi di kantor PBNU bagi pengurus dan Nahliyin. (Foto: NOJ/ISm)
Sejumlah kalimat inspirasi di kantor PBNU bagi pengurus dan Nahliyin. (Foto: NOJ/ISm)

Sumenep, NU Online Jatim

Para pengurus Nahdlatul Ulama hendaknya menjadi teladan dalam melaksanakan program dan kegiatan keagamaan. Bila uswah hasanah yang lebih ditekankan, tentu saja akan berdampak baik bagi warga sekitar.

 

Penegasan ini disampaikan KH Sihabuddin Imam selaku Ketua Majelis Wakil Cabang nahdlatul Ulama (MWCNU) Nonggunong, Kepulauan Sapudi, Sumenep.

 

"Semua pengurus MWCNU dan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama serta pimpinan badan otonom dari semua tingkatan harus aktif, dimulai dari diri sendiri yakni ibda' bi nafsik yakni mulailah dari diri kita sendiri, maka semuanya akan ikut,” katanya.

 

Karena bertepatan dengan peringatan Isra’ Mi’raj, dirinya juga menyampaikan bahwa shalat adalah hasil dari peristiwa istimewa Nabi Muhammad SAW.

 

“Oleh karena itu, mari kita laksanakan perintah tersebut dengan sabar dan tabah karena semua sudah diatur oleh Allah SWT,” katanya.

 

Dijelaskan bahwa puncak dari ibadah shalat diakhiri dengan salam. Ini menunjukkan bahwa semua dididik untuk membantu semua makhluk.

 

“Sebagai Nahdliyin kita jika berbicara harus berhati-hati karena barangsiapa yang beriman kepada Allah, berbicara yang baik, jika tidak, maka diamlah,” terangnya.

 

Kegiatan juga diisi dengan pelantikan Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Nonggunong oleh Pimpinan Cabang (PC) IPPNU Kabupaten Sumenep. Bahkan Ketua PC IPPNU Sumenep, Syarifah berkenan hadir secara langsung.

 

Dalam sambutannya, Syarifah menjelaskan bahwa IPPNU merupakangenerasi muda NU. Kelak, katanya, hendaknya dijadikan pengurus Fatayat NU, Muslimat NU dan seterusnya.

 

“Sedangkan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama yakni IPNU kelak melanjutkan kepengurusan Gerakan Pemuda (GP) Ansor nantinya,” katanya.

 

Acara juga dimeriahkan Jam'iyah Hadrah Anak Ranting Ansor Desa Somber Nonggunong Sapudi.

 

Pelantikan PAC IPPNU Kecamatan Nonggunong dan dua komisariat yakni Zainur Ridla dan Bustanul Ulum dipusatkan di Lembaga Pendidikan Nurul Jadid, Desa Somber Nonggunong. Lembaga berada di bawah pimpinan KH Zain Al Mawardi yang juga Wakil Rais MWCNU Nonggunong.

 

Acara dihadiri MWCNU Nonggunong beserta seluruh PRNU se-kecamatan setempat serta aparat pemerintah desa.

 

Sibawi selaku ketua panitia menyampaikan terima kasih kepada seluruh pengurus yang telah menyukseskan kegiatan.

 

"Saya sampaikan banyak terima kasih kepada Kepala Desa Somber dan Lembaga Pendidikan Nurul Jadid yang telah membantu dan memberi izin atas kegiatan ini,” kata pria yang juga Ketua PAC GP Ansor Nonggunong tersebut.

 

Penulis: Faruq

Editor: Syaifullah

Iklan promosi NU Online Jatim