Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Keislaman Tokoh Khutbah Opini Nusiana Rehat Jujugan Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Imsakiyah

Pengurus PAC Pergunu Bangil Gelar Pemantapan Perangkat Organisasi

Pengurus PAC Pergunu Bangil Gelar Pemantapan Perangkat Organisasi
Orientasi pengurus baru PAC Pergunu Bangil. (Foto: NOJ/Adib)
Orientasi pengurus baru PAC Pergunu Bangil. (Foto: NOJ/Adib)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pemantapan pengurus baru Pimpinan Anak Cabang (PAC) Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Bangil oleh Pimpinan Wilayah (PW) Pergunu Jawa Timur digelar di ruang rapat VIP Gazeboo Resto Bangil. Ini merupakan kegiatan perdana bagi PAC Bangil untuk menentukan program dan arah strategis perjalanan organisasi profesi badan otonom Nahdlatul Ulama (NU) dalam jangka waktu lima tahun ke depan. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membangun organisasi yang mandiri dan professional.

 

Kegiatan yang diselenggarakan pada hari Ahad (8/11/2020) ini diikuti oleh seluruh jajaran pengurus baru Pergunu Bangil baik dewan pakar, pengurus harian dan anggota pengurus lainnya. Hadir pula perwakilan dari Pimpinan Cabang (PC) Pergunu Bangil, Wonadi dan Sekretaris PW Pergunu Jawa Timur, Ahmad Faqih.

 

Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh ketua PC Pergunu Bangil. Wonadi mengatakan, orientasi pengurus ini sangat penting dilakukan untuk menentukan program kepengurusan.

 

“Kegiatan ini sebagai langkah awal yang sangat baik untuk menguatkan tubuh organisasi Pergunu ditingkatan PAC, semoga kegiatan ini juga bisa di ikuti oleh PAC lain di wilayah Cabang Bangil,” ujarnya.

 

Dalam kesempata ini pula, Faqih Sektretaris PW Pergunu Jawa Timur Juga mengapresiasi dengan bangga kegiatan yang digelar oleh PAC Pergunu ini.

 

“Sangat jarang dijumpai pengurus Pergunu di tingkatan PAC yang menghadirkan PW Pergunu untuk kegiatan pemantapan seperti ini, dan kehadiran saya di tempat ini sangat membuat saya bangga dan terhormat,” terangnya.

 

Dirinya menambahkan, bahwa pengurus Pergunu harus memiliki skill dan kompetensi yang mumpuni agar dapat menjawab tantangan zaman, juga Pergunu harus selalu menjalin komunikasi dengan berbagai pihak.

 

“Organisasi Pergunu membutuhkan ketrampilan, inovasi, serta skill yang mumpuni agar mampu menjawab tantangan di dunia pendidikan. Selain itu, dalam rangka peningkatan kualitas pendidik, dibutuhkan sinergitas dengan berbagai elemen juga harus dikembangkan, seperti Lembaga Pendidikan Maarif, ASWAJA NU Center, Dinas Pendidikan dan Kemenag,” tambahnya.

 

Kegiatan ini dibuka oleh ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Bangil Ust Syamsul Hadi. Dalam sambutannya, beliau menitipkan pesan pada organisasi profesi ini agar setiap gerak dan langkahnya selalu diiringi oleh rasa ikhlas dan semangat untuk mengabdi.

 

“Seorang pendidik hendaknya memiliki marwah dan semangat tinggi untuk terus mengabdikan ilmunya tidak melihat dan memandang materi sebagai tujuan utamanya. Jika hal ini telah menjadi dasar dalam setiap langkahnya, maka setiap usaha dan program yang akan dilaksanakan insya Allah akan mendapat kemudahan dari Allah,” jelasnya.

 

Wakil Ketua Pergunu Bangil menjelaskan, bahwa kegiatan ini nantinya akan menjadi dasar pembuatan dan menentukan program Pergunu Bangil lima tahun ke depan.

 

“Melalui forum orientasi ini maka pengurus baru telah memiliki wawasan dan perubahan pemikiran bagaimana menentukan arah perjalanan organisasi ke depan agar mampu memberikan pelayanan yang maksimal ada insan pendidikan baik formal, maupun non formal,” terangnya.

 

Program utama yang akan dilaksanakan setelah orientasi ini adalah konsolidasi dan komunikasi lintas sektoral dan elemen-eleman pendidikan yang lain di bawah NU.

 

“Dengan konsolidasi tersebut, diharapkan menjalin silaturrahmi dan membangun sinergitas dalam rangkan meningkatkan kualitas pendidik Nahdlatul Ulama di wilayah Bangil,” pungkasnya.

 

 

Penulis: Adib

Editor : Risma Savhira

Iklan promosi NU Online Jatim